Kenal Lebih Dekat dengan Maghrib Shahid, Pendiri Kontes Miss Muslimah USA

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 02 Nov 2020 11:42 WIB
Miss Muslimah USA Para pemenang Miss Muslimah USA 2020. Foto: Instagram @missmuslimahusa
Jakarta -

Selama satu abad, kontes kecantikan telah lama diadakan dan sudah menjadi identitas budaya Amerika. Kontes kecantikan identik dengan kesan seksi dan pakaian terbuka. Menjawab tantangan itu, Maghrib Shahid pun membuat gebrakan baru.

Berbeda dengan kontes kecantikan lainnya, Maghrib Shahid mendirikan Miss Muslimah USA. Pada kontes kecantikan yang digagasnya itu seluruh kontestannya berbusana sopan dan tertutup. Kontes ini dikatakannya, juga memberikan kesempatan bagi wanita Muslim, terutama mereka yang mengenakan hijab, untuk berpartisipasi dalam kontes kecantikan, tanpa harus melanggar aturan Islam.

Moto Miss Muslimah AS sendiri adalah mempromosikan kesopanan dan keindahan dari dalam diri. Dan Maghrib Shahid adalah wanita muslim berkulit hitam yang bekerja sebagai perancang busana modest dari Columbus, Ohio, Amerika Serikat.

Sebagai seorang hijabers, Shahid merasa bahwa dia dan wanita muslimah lainnya mengalami diskriminasi. Apalagi katanya, Presiden Trump, telah mengobarkan Islamofobia di negeri Paman Sam melalui retorikanya, dan melarang migrasi dari beberapa negara yang mayoritas beragama Islam.

Maghrib Shahid pendiri Miss Muslimah USAMaghrib Shahid pendiri Miss Muslimah USA Foto: Instagram @missmuslimahusa

"Ketika kami terlihat sebagai muslim, kamilah yang akan diserang terlebih dahulu," kata Shahid dikutip dari The New York Times. "Saya ingin memberi wanita muslim kesempatan untuk mengubah kesalahpahaman tentang diri mereka sendiri," tambahnya.

Miss Muslimah USA pertamakali memilih pemenangnya pada 2017. Adalah Halima Yasin Abdullahi (23 tahun) dinobatkan sebagai pemenang Miss Muslimah USA pertama pada 2017. Halima mengaku dua tahun setelah mengikuti ajang kecantikan tersebut, ia sudah merasakan dampaknya.

"Saya telah mendapatkan kepercayaan diri yang sangat kuat dan konsisten pada diri saya sendiri dan belajar untuk menghargai kekurangan saya. Ini adalah saya. Beginilah caraku dilahirkan," jelas Halima Yasin.

Miss Muslimah USAMiss Muslimah USA Foto: Instagram @racerelatednyt

Persyaratan Ikut Miss Muslimah USA

Untuk menjadi bagian Miss Muslimah USA, kontestan harus memenuhi syarat, yaitu wanita muslim berusia 17 hingga 30 tahun dan membayar biaya pendaftaran sekitar $ 250 atau Rp 3,6 juta serta menjalani proses penyaringan.

Setelah terdaftar, mereka dapat bersiap untuk bersaing dalam lima kategori, yaitu abayah (gaun longgar, seperti jubah), burkini (pakaian renang yang mencakup seluruh tubuh), gaun modest untuk acara khusus (gaun yang terlalu ketat dapat menyebabkan diskualifikasi) dan bakat. Selain itu juga para kontestan dianjurkan memiliki kemampuan membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Kontestan juga harus menjawab pertanyaan ini, "Jika Anda dinobatkan sebagai Miss Muslimah USA, bagaimana Anda akan menggunakan gelar itu untuk mengubah kesalahpahaman tentang wanita muslim di dunia?"

Pemenang Miss Muslimah USA akan dikotrak selama satu tahun. Pemenang utama akan membawa pulang hadiah uang $ 5.000 atau sekitar Rp 73,3 juta.

Tahun ini, muslim non-hijabi diizinkan masuk dan bersaing bersama kontestan yang mengenakan hijab. Dan pada ajang Miss Muslimah USA 2020 ada dua kontestan internasional dari Kazakhstan dan Inggris yang akan bertanding.



Simak Video "Unik! Ada Kontes Adu Model Jenggot di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)