Memasuki Tahun Ajaran Baru, Ini Kewajiban dan Keutamaan Menuntut Ilmu

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 16 Jun 2020 08:35 WIB
Muslim woman reading from the quran stock photo Keutamaan menuntut ilmu. Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik
Jakarta -

Menuntut ilmu memiliki banyak keutamaan. Karena dengan ilmu kita dapat membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Dengan ilmu, Allah SWT memberikan keunggulan kepada Nabi Adam AS atas para malaikuat. Dan menyuruh mereka sujud kepada Nabi Adam.

Kewajiban dan keutamaan ilmu hanya karena ia menjadi wasilah (pengantar) menuju ketakwaan yang menyebabkan seseorang bahkan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah dan kebahagiaan di dunia.

Tahun ajaran baru, semua siswa mencari sekolah yang bagus untuk meneruskan menuntut ilmu kejenjang yang lebih tinggi. Keutamaan dalam menuntut ilmu ini juga disebutkan dalam firman Allah SWT dalam Al Quran Surat Mujadalah ayat 11 berikut ini:

"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis. 'Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: 'Berdirilah kamu', Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Muslim woman reading from the quran stock photoKeutamaan menuntut ilmu. Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik


Dikutip dalam buku 'Aqidah dan Etika dalam Biologi' oleh Safrida dan Dewi Andayani, beberapa dalil-dalil keutamaan ilmu disebutkan dalam al-quran surat Thaaha ayat: 114

"Maka Maha Tinggi raja yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al-qur'an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu dan Katakanlah: 'Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan'.

Muslim woman reading from the quran stock photoKewajiban menuntut ilmu. Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik

Di antara hadits shahih yang menjelaskan tentang keutamaan dan kemuliaan menuntut ilmu disebutkan dalam hadits riwayat Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda

"Apabila manusia telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga amalan: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan dia."

Hadits ini menunjukkan keutamaan ilmu dan pahala dalam mengajarkan ilmu, baik dalam kajian maupun tulisan. Karena hal tersebut akan membuahkan pahala yang besar untuk manusia baik di masa hidupnya maupun setelah kematiannya.



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)