Doa Tahun Baru Islam, Bisa Dibaca Jelang 1 Muharram 1442 H

Rosmha Widiyani - wolipop Selasa, 18 Agu 2020 16:05 WIB
ilustrasi berdoa Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev/Doa Tahun Baru Islam, Bisa Dibaca Jelang 1 Muharram 1442 H
Jakarta -

Tahun Baru Islam 1442 hijriyah jatuh pada hari Kamis, 20 Agustus 2020. Muharram menjadi bulan pertama dalam kalender hijriah tersebut. Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah menyebutkan keistimewaan bulan Muharram yang kemuliaannya satu tingkat di bawah Ramadhan.

Pada suatu hari salah seorang sahabat menemui Rasulullah dan bertanya, "Setelah bulan Ramadhan, di bulan apa puasa yang lebih afdhal?"

Rasulullah SAW bersabda: "Puasa di bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan bulan Muharram." (Hadits riwayat Ibnu Majah).

Seperti halnya saat pergantian tahun baru Masehi, di malam pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H banyak muslim yang memanjatkan doa dengan berbagai harapan. Doa tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga, lingkungan sekitar, dan seluruh masyarakat dunia.

Dikutip dari situs IslamicFinder, doa yang dibacakan saat tahun baru bisa dilihat di kitab Al-Mu'jamul Awsat dari Imam Tabarani. Para sahabat dikatakan juga membaca doa ini saat pergantian bulan atau Tahun Baru Islam 1442 H.

Berikut doa Tahun Baru Islam 1442 H

اللهم أَدْخِلْهُ عَلينا بِالأمْنِ وَالإيمان وَالسَّلامَةِ وَالإسْلام وَرِضْوَانٍ مِّنَ الرَّحْمن وِجوارٍ مِّنَ الشَّيْطان

Arab latin: "Allahumma adkhilhu 'alayna bil amni wal iman, was salamati wal islam, wa ridwanim minar Rahman, wa jiwarim minash shaytan."

Artinya: "Ya Allah, semoga (bulan atau tahun) baru ini membawa keamanan, iman, keselamatan, kesenangan, dan perlindunganMu dari setan."

Umat Islam tentunya tak perlu khawatir jika tidak hapal doa Tahun Baru Islam 1442 H seperti yang telah disebutkan. Tiap umat bisa memanjatkan berbagai doa dan harapan sesuai kondisinya saat ini serta keinginannya di masa mendatang.

Apalagi sebetulnya tidak ada doa khusus yang dibacakan saat malam akhir dan awal Tahun Baru Islam 1442 H. Doa dan harapan bisa dibacakan sesuai bahasa yang biasa digunakan setiap hari.



Simak Video "Menilik Koleksi Clothing Busana Syar'i Si.Se.Sa"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)