Brand Baju Muslim Syari Optimistis Baju Lebaran Tetap Dicari Walau Ada Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 05 Apr 2020 15:30 WIB
koleksi Sisesa di InterContinental Hotel Jakarta 2019 Foto: Moh. Abduh
Jakarta -

Idul Fitri atau Lebaran biasanya menjadi momen untuk para penjual baju mendapatkan keuntungan. Koleksi baju Lebaran pun pada umumnya dibuat spesial dan lebih banyak. Si.Se.Sa., label busana muslim syari yang merupakan singkatan nama tiga pendirinya yaitu Siriz Tentani, Senaz Nasansia dan Sansa Enanderan termasuk yang sudah mempersiapkan koleksi untuk Lebaran ini.

"Kami yakin umat muslim sangat antusias menyambut bulan suci Ramadhan. Dan kami berpikir positif pandemi ini akan segera berakhir, sehingga ekonomi Indonesia akan bangkit kembali," ujar Senaz saat dihubungi Wolipop, Jumat (3/4/2020).

Senaz mengatakan sebelum ada pandemi COVID-19 Si.Se.Sa. sudah mempersiapkak 10 ribu koleksi Ramadhan. Koleksi tersebut kini sedang dalam proses finishing.

"Sampai dengan saat kami dalam proses persiapan penyelesain produksi koleksi Ramadhan. Target kami memang sekitar pertengahan April sudah selesai, sehingga sudah bisa didistribusikan ke seluruh butik kami dan seluruh reseller resmi kami. Untuk saat ini kami masih optimis bahwa koleksi Ramadhan akan tetap diminati para customer," ujarnya.

koleksi Sisesa di InterContinental Hotel Jakarta 2019koleksi Sisesa di InterContinental Hotel Jakarta 2019 Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

"Kami melihat Ramadhan adalah bulan kebersamaan bersama keluarga. Dan Lebaran adalah Hari Raya yg ditunggu oleh seluruh umat Muslim. Meskipun akhirnya mungkin nanti tidak akan ada kumpul-kumpul bersama keluarga besar ataupun salat Idul Fitri di lapangan, tapi kami yakin para muslimah tetap ingin mengenakan pakaian terbaik mereka di Hari Raya tersebut, meskipun hanya di rumah," tambah Senaz yang merupakan putri kedua desainer Merry Purnomo itu.

Menyesuaikan kondisi saat ini, Si.Se.Sa. pun merilis koleksi busana muslim syari untuk Idul Fitri yang cocok dipakai di rumah. "Bahannya adem tapi tetap cantik untuk Hari Raya. Kami yakin ini sangat sesuai dgn kebutuhan dan situasi saat ini," ujar Senaz.

Meski optimistis koleksi Ramadhan dan Idul Fitri akan tetap disambut baik konsumen, Senaz tak menampik jika saat ini bisnis fashion sedang lesu. Si.Se.Sa. sendiri mengalami penurunan penjualan. Namun kondisi tersebut dianggap maklum oleh Senaz karena memang dia paham bahwa kebutuhan baju bukanlah prioritas masyarakat saat ini.

"Saat ini yang dipentingkan oleh masyarakat adalah keselamatan, jadi untuk kepentingan fashion kami sudah maklum bukan menjadi prioritas lagi saat ini. Dari segi pemasukan, memang ada penurunan. Dan itu sangat wajar di tengah adanya wabah global. Kami sudah memprediksi penurun tersebut. Dan alhamdulillah penurunannya masih dalam grafik aman," ucap desainer kelahiran 15 Maret 1981 itu.

koleksi Sisesa di InterContinental Hotel Jakarta 2019koleksi Sisesa di InterContinental Hotel Jakarta 2019 Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Senaz menambahkan Si.Se.Sa. sendiri saat ini mengimbau konsumennya untuk tidak melakukan pembelian langsung ke butik. Meski memang butik Si.Se.Sa. masih tetap buka, mereka hanya melayani pembelian via online atau telepon dengan pengiriman melalui kurir.

"Semua butik Si.Se.Sa yang berjumlah 12 butik yang tersebar di kota-kota besar Indonesia sampai saat ini masih beroperasi. Namun kami tidak melayani pembelian offline. Kami mengimbau agar para customer membeli melalui telepon ke butik-butik cabang. Mereka tinggal transfer dan panggil kurir untuk mengambil barang tersebut. Alhamdulillah kebijakan tersebut mendapatkan antusias yang baik dari para loyal customers kami," jelasnya.

Si.Se.Sa. juga melakukan beberapa cara agar konsumen setia mereka tetap setia. Salah satunya dengan memberikan potongan harga di tengah adanya pandemi corona ini.

"Kami mengadakan promo #stayathome Sale sebesar 15% untuk barang-barang tertentu. Promo ini bertujuan selain untuk meningkatkan penjualan juga kami ingin mengajak para customer untuk tetap di rumah. Karena memang di beberapa daerah hingga saat ini masih banyak yang belum "aware" bahwa dengan kita di rumah saja, akan membantu menurunkan tingkat penyebaran virus covid19," tutur Senaz.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)