Cerita Haru Hijabers Bantu Driver Ojol 68 Tahun Dapatkan Donasi Rp 100 Juta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 22 Jan 2020 11:31 WIB
Elsya Sandria yang terharu ketika sudah membelikan perlengkapan dan kebutuhan Pak Sri. Foto: instagram @elsyandria
Jakarta - Baru-baru ini viral kisah seorang selebgram hijab bertemu driver ojol berusia 68 tahun. Merasa iba dengan sang driver yang sudah tua namun tetap bekerja keras narik ojek hingga malam karena belum mendapatkan penumpang, dia pun berbagi ceritanya di Instagram hingga sukses menggalang donasi untuk driver ojol tua tersebut.

Selebgram hijab Elsya Sandria atau akrab disapa Echa, menuliskan saat tengah malam sesudah bekerja menjadi MC di sebuah acara di Jakarta, dia pulang naik KRL dan turun di Stasiun Bogor. Saat itu tanggal 17 Januari 2020, waktu sudah menunjukkan pukul 00.00 dan kota Bogor diguyur hujan gerimis.

Saat sedang berusaha memesan Ojek Online melalui ponselnya, Echa mengaku didatangi seorang driver ojol yang menawarkan untuk naik motornya, namun tanpa aplikasi. Alasan sang driver sungguh membuat Echa terharu.

[Gambas:Instagram]



"Mbak sudah pesan? Kalau belum boleh saya antar? Tapi HP saya mati, harganya sesuai aplikasi nggak papa mbak," kata Echa di Instatory miliknya. Driver Ojol yang kemudian dipanggil Echa dengan nama Pak Sri itu juga mengatakan sejak jam 09.00 pagi belum dapat penumpang karena mungkin para calon penumpang ragu dengannya.

Awalnya Echa merasa ragu karena saat itu sudah sangat malam dan rumahnya juga cukup jauh dari stasiun. Tetapi dengan keyakinan saja ia langsung mengiyakan tawaran Pak Sri.

Dalam perjalanan menuju rumah Echa, hujan gerimis berubah menjadi deras. Keduanya pun meneduh. Echa memberikan kesempatan Pak Sri untuk memakai jas hujan. Pada saat itu, dia memerhatikan pak Sri seperti menyimpan sesuatu.

Cerita Haru Hijabers Bantu Driver Ojol 68 Tahun Dapatkan Donasi Rp 100 JutaPak Sri Raharjo dan Elsya Sandria. Foto: gresnia/wolipop

"Setelah semuanya beres saya tanya pelan, bapak HP nya lowbat atau rusak? Bapaknya dengan ketawa malu blng, rusak mba. Saya blg bapa usia berapa, 68 thn mbak," demikian Echa mengisahkan perbincangannya dengan Pak Sri. Dia menahan tangisnya saat mendengar Pak Sri sudah berusia 68 tahun bekerja sebagai driver ojol dengan kondisi HP yang rusak dan motornya tak layak pakai karena hanya mampu berjalan dengan kecepatan 20 km per jam.

Dengan kecepatan motor yang pelan, Echa pun bisa mendengarkan cerita Pak Sri. Driver ojol itu mengaakan dia memiliki dua orang anak yang masih sekolah. Pak Sri baru punya anak ketika umur 50 tahun. Kini anak Pak Sri sudah SMA. Maka dari itu Pak Sri masih membanting tulang untuk mencari nafkah.

Hujan deres yang tak kunjung reda, Echa mengajak Pak Sri untuk makan terlebih dahulu sembari menunggu hujan. "Selama makan saya pandangi dia. Masih menahan nangis karena saya ingat kakek saya yang saya pikirkan," tulisnya.

Cerita Haru Hijabers Bantu Driver Ojol 68 Tahun Dapatkan Donasi Rp 100 JutaElsya sedang membelikan kebutuhan rumah tangga untuk Pak Sri. Foto: instagram @elsyandria

Pertemuan dengan Pak Sri ini juga diunggah Echa di akun Twitternya. Dia ingin mengumpulkan dana untuk membantu Pak Sri yang rumahnya selalu bocor saat hujan.

"Kebetulan tadi aku minta nomor hpnya Pak Sri dan meminta alamat lengkap rumanya. Ia mengatakan atap rumah sudah bocor dan ambruk. Dengan kerendahan hati, aku mempersilahkan bagi yang ingin menyumbangkan sedikit rezekinya untuk bapak Sri. Boleh titip ke aku dan akan aku upgrade setiap hari dan aku mengupayakan agar bisa membelikan bapak handphone dan motor baru," tulis Echa.

Hijabers yang berprofesi sebagai pembawa acara ini tak menyangka antusias dari warganet sangat luar biasa. Sejak mengunggah pada 18 Januari 2020 untuk mengajak netizen berbagi hingga kini donasi untuk Pak Sri mencapai nominal Rp 114 juta.

Cerita Haru Hijabers Bantu Driver Ojol 68 Tahun Dapatkan Donasi Rp 100 JutaElsya sedang membelikan motor dan handphone untuk Pak Sri. Foto: instagram @elsyandria

"Ternyata banyak sekali respon positif dari teman" yg ingin menitipkan rezekinya, akhirnya saya pakai salah satu rekening saya untuk jembatan rezeki untuk pak Sri Raharjo. Semoga dimanapun kalian berada, Allah lindungi kalian dan keluarga, dan mudah-mudahn kita semua bisa menjadi anak yang mengangkat derajat orang tua kita ya guys! Semangat semuanya, ngeluh boleh,berhenti berjuang jangan!," tulis ECha di akun TWitternya.

Dikonfirmasi Wolipop, Echa mengaku tidak menyangka akan menjadi viral karena menolong driver ojol. "Tidak menyangka akan viral, akhirnya saya menyimpulkan bahwa setiap orang mempunyai kekuatan tersendiri, energi tersendiri, karena Allah memanglah pemilik sebanyak-banyaknya jalan, cara dan petunjuk. Ada waktunya, semua ada masanya," katanya.

Echa sendiri sudah memberikan donasi dari netizen yang jumlahnya mencapai Rp 114 juta kepada Pak Sri pada Senin (20/1/2020). Sumbangan dari netizen itu digunakan Pak Sri untuk merenovasi rumahnya, membeli handphone baru, kacamata baca baru dan berbagai kebutuhan lainnya.

Cerita Haru Hijabers Bantu Driver Ojol 68 Tahun Dapatkan Donasi Rp 100 JutaPak Sri Raharjo dan Elsya Sandria. Foto: gresnia/wolipop

"Alhamdulilah di hari ini bapak bahagia sekali karena memiliki hp baru, motor baru, pakaian baru, perabotan baru dan perlengakapan lainnya. Sementara bapak tinggal di kontrakan dulu karena untuk renovasi rumah butuh waktu yang tidak sebentar, bapak sangat senang mempunyai tempat tinggal sementara yang beratap, senang bapak memiliki tempat pulang, senang bapak bisa beristirahat dengan aman.
Masih banyak hal yang akan kita kerjakan untuk Pak Sri, masih banyak PR yang harus kita tuntaskan," ungkapnya.

Echa yang sudah tidak bisa berkata apa-apa lagi mengucapkan terimakasih kepada netizen yang telah memberikan donasi uang untuk Pak Sri. "Sekali lagi terimakasih untuk semuanya yang berperan dalam hal ini, berdonasi, mendoakan, menshare dan lain-lainnya. Belum bisa membalas satu persatu tapi insyaAllah kebaikannya dibalas kontan oleh Allah. Hai orang-orang baik, kamu hebat," pungkas Elsya.

Cerita Haru Hijabers Bantu Driver Ojol 68 Tahun Dapatkan Donasi Rp 100 JutaElsya Sandria dan Pak Sri Raharjo. Foto: instagram @elsyandria


Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)