Putri Nourah, Wanita Pertama Arab Saudi yang Jadi Pemimpin Klub Sepakbola

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 26 Jul 2019 16:02 WIB
Ilustrasi sepak bola. Foto: Shaun Botterill/Getty Images Ilustrasi sepak bola. Foto: Shaun Botterill/Getty Images

Jakarta - Selama dua tahun terakhir, wanita Arab Saudi telah melakukan gebrakan baru yang belum pernah dilakukan oleh para wanita di negara tersebut. Seperti Juni kemarin, ada seorang wanita bernama Yasmeen Al Maimani menjadi pemberitaan karena terpilih sebagai pilot komersial wanita pertama di Arab Saudi. Ada juga Putri Reema binti Bandar, wanita pertama yang menjadi duta besar di Amerika Serikat

Kini seorang wanita Arab Saudi mencetak sejarah lagi. Adalah Putri Nourah binti Saad, wanita Arab Saudi pertama yang menjadi presiden sebuah klub sepakbola. Surat kabar Italia Corriere Della Sera melaporkan putri Nourah membeli klub sepak bola A.S. Fortis Spoleto F.C., klub di kota Umbria, Italia.

"Sepakbola adalah passion keluarga, dan sepakbola Italia selalu diikuti di seluruh dunia. Itulah mengapa saya memilih untuk berinvestasi di Umbria," kata Nourah, dikutip melalui Arab News, Selasa (22/7/2019). Saat jumpa pers mengenai perannya seagai presiden klub Spoleto, Nourah pun mengucapkan terima kasih kepada warga Italia yang mendukungnya dan tim sepak bolanya itu.

Putri Nourah, Wanita Pertama Arab Saudi yang Jadi Pemimpin Klub SepakbolaFoto: Dok. arabnews


Putri Nourah pun menjelaskan lebih lanjut alasannya membeli Spoleto. "Spoleto klub sepakbola kecil, amatir, di mana sangat mungkin untuk berkembang dan dipromosikan. Tetapi kita juga tidak bisa melupakan nilai dan keindahan kota Spoleto, yang terkenal di seluruh dunia," ujarnya.

Spoleto adalah klub Serie D dari asosiasi sepakbola non-profesional Italia, Lega Nazionale Dilettanti. Asosiasi ini mewakili lebih dari 12.000 pemain sepakbola dan 400 tim sepakbola di seluruh Italia dan dianggap sebagai liga peringkat keempat di Negeri Pizza tersebut.

Nourah berharap di bawah kepimpinannya, Spoleto bisa naik ke Serie C. Dan Spoleto juga mengumumkan bahwa mereka secara resmi mendaftarkan klubnya untuk kejuaraan Excellence Umbria tahun 2019/2020 dan Kejuaraan Junior Regional tahun 2019/2020.

Pembelian klub sepak bola Spoleto ini menandai usaha kedua keluarga kerajaan Saudi dalam kepemilikan klub olahraga. Sebelumnya ada Pangeran Abdullah bin Musa'ad yang memiliki klub sepakbola Liga Premier Inggris Sheffield United.

Putri Nourah, Wanita Pertama Arab Saudi yang Jadi Pemimpin Klub SepakbolaFoto: dok. newsbeezer.com


Simak Video "Disebut Tak Menghormati Arab Saudi, Bella Hadid Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)