Aksi Atlet Anggar Berhijab Pukau Juri Sunsilk Hijab Hunt 2019 Jakarta

Silmia Putri - wolipop Sabtu, 04 Mei 2019 16:50 WIB
Foto: Foto: Silmia/Wolipop Foto: Foto: Silmia/Wolipop

Jakarta - Di antara ratusan peserta Sunsilk Hijab Hunt 2019 Jakarta, Hasma menjadi satu satunya peserta yang ahli bermain anggar. Hijabers bertubuh tegap ini berhasil mencuri perhatian para juri Sunsilk Hijab Hunt 2019 di Trans Studio Mall Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (04/05/2019).

Hasma rupanya telah berlatih anggar sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Hijabers asal Singkawang ini tumbuh menjadi gadis yang sangat mencintai olahraga. Tak heran, jika ia memutuskan untuk mengambil studi Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Aksi Atlet Anggar Berhijab Pukau Juri Sunsilk Hijab Hunt 2019 JakartaFoto: Foto: Silmia/Wolipop


Sejumlah pertandingan pernah ia hadapi. Salah satunya adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2016. Wanita berusia 20 tahun ini juga pernah meraih medali perak pada Jakarta International Cup 2016 dan juara III tim sabel putri pada South East Asian Fencing Championship.

"Pertama kali tanding itu kelas enam SD. Alhamdulillah sampai sekarang semester enam kuliah masih menggeluti cabang olahraga anggar," tutur Hasma kepada Wolipop.

Sosok Hasma mengingatkan kita pada Ibtihaj Muhammad, atlet Anggar berhijab asal Amerika Serikat yang pernah memenangkan olimpiade. Hasma mengaku, Ibtihaj Muhammad menjadi salah satu role model baginya.

Tak hanya Anggar, Hasma juga aktif di cabang olahraga lainnya. Beberapa di antaranya adalah zumba dan senam aerobik. Di sela aktivitasnya, kini ia bekerja sebagai instruktur zumba dan senam aerobik.

"Berhijab nggak sedikitpun menghalangi aktivitas berolahraga. Justru kalau main anggar, kita harus tertutup dari ujung kepala hingga ujung kaki," terangnya.

Tinggal jauh dari orang tua, Hasma mengaku didukung dan diberikan kepercayaan penuh oleh keluarga. Anak keempat dari empat bersaudara ini diajarkan mandiri oleh orang tuanya.

Melalui Sunsilk Hijab Hunt 2019, ia berharap semakin banyak wanita berhijab yang terjun di dunia olahraga. Ia ingin membuktikan bahwa hijab bukan penghalang untuk berolahraga bahkan menjadi seorang atlet. (sil/kik)