Tangis Bahagia Rocker Berhijab, Pemenang Sunsilk Hijab Hunt 2019 Padang

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 15 Apr 2019 11:25 WIB
Foto: Daniel Ngantung/Wolipop Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Jakarta - Air mata haru membasahi wajah Delvi Afriowanda Putri ketika namanya diumumkan sebagai juara pertama Sunsilk Hijab Hunt 2019 audisi Padang. Aksinya memainkan gitar elektrik mengantarkan dia sebagai pemenang ajang pencarian hijabers berbakat itu.

Delvi masih terlihat menangis ketika MC Rizky Kinos menutup acara yang digelar di Transmart Padang, Sumatera Barat, Minggu (14/4/2019), itu. Sejumlah temannya pun tak kuasa menahan tangis bahagia ketika memberikan ucapan selamat.

Perempuan 21 tahun ini benar-benar tak menyangka bakal pulang sebagai pemenang karena merasa ada penampilan kontestan lain yang lebih baik darinya. "Tadi ada yang nyanyi, suaranya bagus banget. Aku malah pikirnya dia yang juara," kata Delvi.

Delvi adalah satu dari 20 hijabers yang lolos audisi pertama sehari sebelumnya. Pada audisi kedua, mereka harus beradu bakat kembali, kali ini di hadapan dua juri utama Nycta Gina dan Bella Almira.
Tangis Bahagia Rocker Berhijab, Pemenang Sunsilk Hijab Hunt 2019 PadangFoto: Daniel Ngantung/Wolipop

Mendapat nomor urut pertama, Delvi seharusnya muncul di awal acara. Namun, penampilan Delvi harus ditunda karena masalah teknis.

Setelah menunggu sampai peserta kedelapan, giliran Delvi yang naik panggung. Bergaya kasual dalam balutan hijab hitam yang dipadukan dengam jaket denim dan sneakers Converse, ia memainkan komposisi berjudul 'He's a Pirate Suite' dari soundtrack film 'Pirates of the Caribbean' gubahan Hans Zimmer.

Permainan gitar elektriknya ditemani minus one berupa orkestrasi dari lagu tersebut sehingga terasa lebih megah. "Sebenarnya ini lagu yang sama seperti kemarin karena waktu latihannnya mepet banget. Tapi aku tambah improvisasi baru supaya terasa beda," ungkap Delvi.

Meski sempat terkendala teknis, Delvi berhasil memukau kedua juri. "Jarang-jarang nih ada gitaris berhijab yang genre-nya rock. Ditambah lagi penampilan kamu keren," puji Nycta usai menyaksikan aksi panggung Delvi.

Senada dengan Nycta, Bella juga memuji pembawaan Delvi di panggung. "Aku suka ekspresi kamu. Aura rocker-nya kerasa banget," tambah pemenang Sunsilk Hijab Hunt 2015 itu.

Tumbuh di keluarga yang berdarah seni, Delvi sudah mengenal gitar sejak kecil. Hatinya baru mantap memilih gitar listrik sebagai instrumen andalan ketika duduk di bangku SMA.

Suka mendengar band Peter Pan, ia semakin termotivasi untuk menjadi seorang gitaris profesional. Delvi lantas mengasah musikalitasnya dengan mengambil jurusan Sendratasik (Seni Drama Tari dan Musik) di Universitas Negeri Padang.
Tangis Bahagia Rocker Berhijab, Pemenang Sunsilk Hijab Hunt 2019 PadangFoto: Daniel Ngantung/Wolipop

Sembari kuliah, Delvi juga nge-band bersama teman-teman kampusnya. Awalnya sang ibu kurang 'merestui' pilihan Delvi sebagai musisi karena takut pergaulan bebas yang lekat dengan dunia hiburan.

"Mungkin ibu takut aku nggak bisa jaga diri. Sampai akhirnya aku ajak ibu nonton aku tampil di sebuah festival untuk melihat langsung dunia musik ini dengan mata kepalanya sendiri. Kalau ada yang negatif, baru ibu boleh ngelarang aku," ucap bungsu dari dua bersaudara ini.

Menjadi pemenang Sunsilk Hijab Hunt 2019 berarti satu lagi pembuktian buat ibu sekaligus dirinya bahwa hijab bukan penghalang untuk berprestasi. Ia mengaku kemahiran bermain gitar sempat diremehkan karena statusnya sebagai perempuan dan berhijab.

Belum lagi ada anggapan bahwa music rock sangat tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Namun, itu bukan penghalang bagi Delvi untuk nge-rock dan berhijab. Spiritnya senada dengan tema #HIJABERANI yang diusung Sunsilk Hijab Hunt tahun ini. "Selama itu nggak membuat kita melakukan hal yang melenceng dari agama, kenapa harus takut," katanya.

Sebagai juara, Delvi akan mewakili Padang di babak Grand Final di Jakarta pada Mei mendatang. Delvi juga berhak membawa pulang uang tunai Rp 1 juta.

Tak cuma Delvi yang bersinar di audisi kedua Sunsilk Hijab Hunt 2019 Padang. Ada Resti Amelia Rusman yang keluar sebagai juara kedua berkat suara merdunya. Lalu disusul oleh drummer bernama Sonica Putri sebagai pemenang ketiga. Setelah Padang, Sunsilk Hijab Hunt 2019 akan berlanjut ke Medan, Makassar dan Jakarta.
(dng/hst)