Terjun ke Pelosok, Vivi Zubedi Bina 300 Pengusaha Syariah Indonesia

Silmia Putri - wolipop Selasa, 11 Des 2018 10:47 WIB
Desainer Vivi Zubedi. Foto: Getty Images Desainer Vivi Zubedi. Foto: Getty Images

Jakarta - Desainer Vivi Zubedi di bawah Vivi Zubedi Foundetion berkolaborasi dengan Bank Indonesia membuat projek IKRA (Industri Kreatif Syariah) Indonesia. Projek ini mewadahi pelaku usaha syariah kecil dan menangah di berbagai daerah di Indonesia.

Ide ini berangkat dari pengalaman Vivi Zubedi yang melihat besarnya potensi bisnis syariah di Indonesia. Ia menemukan banyak sekali produk berkualitas mulai dari makanan hingga fashion. Sayangnya, mereka tidak memiliki wadah untuk mengenalkan produk lebih luas lagi.

"Saya pernah bertemu dengan pengusaha terbesar buah naga di Kalimantan. Mereka bertanya pada saya,'Mba Vivi, bagaimana caranya produk kami bisa dikenal banyak orang?," ungkap Vivi Zubedi saat dihubungi Wolipop via telepon Senin (10/12/2018).



Terjun ke Pelosok, Vivi Zubedi Bina 300 Pengusaha Syariah IndonesiaVivi Zubedi bersama Bank Indonesia membentuk IKRA (Industri Kreatif Syariah) Indonesia. Foto: Dok. Vivi Zubedi Foundation


Untuk itu, Vivi Zubedi Foundation bersama Bank Indonesia berinisiasi untuk mewadahi para pelaku usaha kecil dan menengah ini. Namun, IKRA fokus pada bisnis berbasis syariah tapi tidak harus muslim.

"Dilihat dari perannya, usaha syariah di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Usaha syariah dapat mengangkat seseorang dari kemiskinan, kerentanan, dan ketimpangan. Pada saat krisis moneter 1998, terbukti bahwa usaha kecil dan menengah justru yang bertahan ketika perusahaan-perusahaan raksasa rontok. Oleh karena itu inovasi dan pengembangan harus menyasar usaha-usaha syariah secara tepat karena merekalah salah satu motor penggerak terbesar dalam perekonomian Indonesia." tutur desainer yang telah melenggang di New York Fashion Week sebanyak tiga kali itu.

Vivi Zubedi bersama Bank Indonesia sudah mengujungi berbagai kota di Indonesia mulai dari Kediri hingga Padang untuk mengkurasi produk-produk lokal. Ada sekitar 300 pelaku bisnis syariah yang terjaring dan siap dipasarkan tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia.

Salah satu model bisnis IKRA adalah sebagai promotor. IKRA menjembatani para pelaku syariah dengan buyers mancanegara dan PR (Public Realtion) agency global. Tujuannya adalah untuk menaikan nilai ekspor di Indonesia.

IKRA juga mengadakan workshop untuk para pelaku bisnis syariah di berbagai kota. Edukasi mengenai standar produk internasional, penguatan SDA, hingga distribusi diberikan untuk mengembangkan bisnis.

Projek ini telah dimulai sejak Juni 2018. Peluncuran resminya akan dihelat Selasa (11/12/2018) pada acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 di Surabaya. Pada acara ini, akan dibentuk 'Tim Akselerasi Pengembangan Fashion Muslim' yang disahkan oleh Departemen Ekonomi Syariah Bank Indonesia dan Indonesia Halal Center.



TipsBerhijab Buat Pemula AlaViviZubedi

Tonton juga 'Tips Berhijab Buat Pemula Ala Vivi Zubedi':

[Gambas:Video 20detik]

(sil/sil)