Pencarian 'Modest Fashion' di Pinterest Naik 500% Tahun 2018

Silmia Putri - wolipop Kamis, 22 Nov 2018 14:33 WIB
Pencarian modest fashion naik 500% di Pinterest UK. Foto: Slaven Vlasic/Getty Images Pencarian 'modest fashion' naik 500% di Pinterest UK. Foto: Slaven Vlasic/Getty Images

Jakarta - Industri modest fashion terus berkembang. Pemakaian hijab semakin umum ditemukan di berbagai negara. Bisa dilihat dari terpilihnya Ilhan Omar, seorang wanita berhijab yang akhirnya menduduki kursi Kongres AS. Ada pula Halima Aden yang untuk pertama kalinya menjadi model sampul majalah Vogue.

Tak hanya penampilan hijabers yang semakin mainstream, busana tertutup dan santun pun menjadi tren tersendiri. Istilah 'modest fashion' semakin menggaung di internet. Tak hanya muslim, wanita dari berbagai latar belakang agama mengaku senang dengan busana 'modest'.


Pencarian 'Modest Fashion' di Pinterest Naik 500% Tahun 2018Koleksi Gucci Fall/Winter 2018/2019. Foto: REUTERS/Tony Gentile

Hal ini dibuktikan oleh laporan dari Pinterest UK. Dilansir dari Who What Wear UK, pencarian kata 'modest fashion' naik hingga 500% di Pinterest Inggris. Laporan itu sejalan dengan riset The State of Global Islamic Economy Report 2018/2019 yang dilakukan oleh Dubai International Financial Centre bersama Thomson Reuters dan Dinar Standard.

Menurut tersebut, muslim di seluruh dunia mengeluarkan dana untuk membeli pakaian 'modest' hingga US$ 270 miliar pada tahun 2017 dan diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 361 miliar pada tahun 2023. Untuk nilai industri modest fashion, Indonesia menduduki urutan kedua terbesar di dunia setelah Arab Saudi.

Dilansir dari Who Wear UK, pakaian tertutup memang sudah menjadi sangat umum dan tidak hanya terhubung dengan hijab fashion. Di musim dingin misalnya, orang-orang Eropa dan Amerika cenderung memilih busana tertutup seperti coat dan dress.

Hal ini didukung oleh karya-karya desainer populer dunia yang mulai melirik busana tertutup. Lihat saja campaign Koleksi Fall/Winter 2018 Marc Jacobs yang mengambil tema era 1980-an. Para modelnya memakai penutup kepala seperti hijab.

Pencarian 'Modest Fashion' di Pinterest Naik 500% Tahun 2018Koleksi Fall-Winter 2018 Marc Jacobs. Foto: Slaven Vlasic/Getty Images


Semakin berkembangnya tren modest fashion, semakin besar pula potensi Indonesia untuk mengambil bagian dalam industri ini. Sebagai negara mayoritas muslim, produk 'modest fashion' bukanlah sesuatu yang baru.

Indonesia memiliki banyak desainer modest fashion atau busana muslim. Kreatifitasnya beragam, kekayaan budayanya juga melimpah. Satu persatu desainer busana muslim Indonesia melenggang di ajang fashion show bergengsi, seperti Dian Pelangi dan Vivi Zubedi yang pernah tampil di New York Fashion Week. Semoga ini menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan potensi bangsa kepada dunia.



Tonton juga 'Tetap Stylish dan Up to Date dengan Gaya Hijab Kekinian':





Pencarian 'Modest Fashion' di Pinterest Naik 500% Tahun 2018
(sil/sil)