Kisah Hijabers Bintang Video Klip Maroon 5, Dulu Di-bully Kini Dipuji

Silmia Putri - wolipop Rabu, 31 Okt 2018 11:39 WIB
Kisah inspiratif hijabers yang muncul di video klip Maroon 5. Foto: Instagram/AmaniKhatahtbeh Kisah inspiratif hijabers yang muncul di video klip Maroon 5. Foto: Instagram/AmaniKhatahtbeh

Jakarta - Menjalani kehidupan sebagai seorang muslim di Amerika tidak semudah di Indonesia dan negara mayoritas muslim lainnya. Hal ini dirasakan oleh Amani Al-Khatahtbeh, seorang muslim Amerika berdarah Arab.

Saat kecil, Amani mengaku sering di-bully oleh teman-teman sekelasnya. Keberadaannya sebagai seorang muslim dipandang berbeda. Hal buruk tak hanya menimpa dirinya tapi juga menimpa ayahnya.

"Ayahku punya toko elektronik. Tiba-tiba pada suatu malam, beberapa pemilik toko di sekitarnya mengeluarkan petisi untuk menutup toko yang dijual oleh muslim di sana. Mereka datang ke toko ayahku, dan mengasari beliau," ungkap Amani dilansir dari video di akun Youtube Vox.



Dulu Di-Bully, Kini Hijabers Ini Sukses hingga Masuk Video Klip Maroon 5Cerita inspiratif hijabers yang dulu di-bully sekarang sukses hingga muncul di video klip Maroon 5. Foto: Instagram/AmaniKhatahtbeh

Padahal Amani mengaku kehidupan masa kecil dan remajanya sama dengan remaja lainnya di Amerika. Ia menyukai boy band seperti Westlife dan membeli CD musik penyanyi populer seperti Britney Spears dan Christina Aguilera. Tapi, Amani selalu saja dipandang berbeda.

Kemudian Amani pun bertekad untuk mempelajari agamanya lebih baik. Muncullah keinginan untuk berhijab. Setelah ia mengenakan scarf di kepalanya, semua teman-temannya memusuhinya.

Suatu hari, ayahnya membuka kafe baru yang memiliki internet. Dari sanalah minat Amani begitu besar pada dunia digital. Ia belajar coding dan HTML. Ia pun belajar membuat website dengan tujuan menemukan muslim lain di luar sana yang memiliki pengalaman yang sama dengannya.

Dari kecintaannya terhadap dunia digital, lahirlah sebuah platform digital bernama Muslim Girl. Media muslim itu dibuat unik oleh Amani karena mengupas hal-hal tabu seputar kehidupan muslim hingga Islamophobia. Ia semakin menyeriusinya setelah lulus kuliah tepatnya pada 2009.



Muslim Girl berkembang dan memopulerkan nama Amani. Kini ia pun menulis untuk sejumlah media besar seperti Forbes dan Fortune. Pemikirannya yang kritis terhadap isu politik, wanita, dan sosial membuat banyak orang meliriknya. Beragam media besar seperti Vogue pernah menulis profilnya.

Keberhasilannya membuat platform muslim untuk generasi millenials itu membuat Amani masuk ke dalam daftar 30 Under 30 Forbes 2017. Dilansir dari Forbes, Amani berhasil menarik perhatian bukan saja umat muslim di berbagai negara tapi juga non muslim.

Hal ini terbukti saat ia terpilih jadi salah satu wanita yang muncul di video klip Maroon 5 'Girls Like You' bersama sejumlah seleb populer seperti Gal Gadot dan Jennifer Lopez.

"Momen yang paling mengharukan tahun ini adalah ketika seorang orangtua beragama Hindu mendatangiku. Ia bilang ia mencetak salah satu artikelku untuk anaknya yang masih berusia 14 tahun. Anaknya harus baca artikel itu sebelum tidur. Di sana aku merasa senang dan terharu," ungkapnya di akun Yotube Vox.

Dari sana Amani sadar bahwa ia pernah menjadi remaja berusia 14 tahun ini. Apa yang ia lakukan sekarang adalah untuk mengingatkan generasi muda, bahwa mereka berhak dan bisa menjadi apa yang mereka mau meski menjadi kaum minoritas.



Tonton juga 'Maroon 5 Jadi Pokemon di Video Musik 'Don't Wanna Know':

[Gambas:Video 20detik]

(sil/eny)