Tampilkan Wanita Berhijab Nari 'Shaku-Shaku', Video Klip Ini Jadi Kontroversi

Silmia Putri - wolipop Selasa, 03 Jul 2018 08:35 WIB
Ada wanita menari shaku-shaku di video klip Fazl. Foto: Instagram Fazl The Badh Guy Ada wanita menari shaku-shaku di video klip Fazl. Foto: Instagram Fazl The Badh Guy

Jakarta - Rapper dan musisi asal Nigeria Folarin Falana atau populer dengan sapaan Falz dihujat banyak orang dan organisasi muslim. Pasalnya, dalam video klip terbaru Falz yang berjudul 'This Is Nigeria', tampil sekelompok wanita berjilbab dan berjoget.

Tarian itu disebut 'shaku-shaku'. Jenis tarian ini sedang populer di Nigeria, dan jadi salah satu tarian khas street style Nigeria. Tarian ini juga disebut-sebut sebagai 'Nigerian Gangnam Style'.

Jilbab yang dipakai para penari di video klip itu berbentuk seperti khimar instan di Indonesia. Jilbab model seperti ini banyak dipakai oleh anak-anak muslim Nigeria yang dikenal sebagai 'Chibok Girls'.

Baca juga: Foto: Gaya Hijabers Arab Cantik yang Ngerap Rayakan Izin Mengemudi

Sebutan Chibok Girls merujuk pada murid wanita yang mengalami penculikan oleh teroris Boko Haram pada tahun 2014. Ada lebih dari 200 murid wanita yang hilang dan belum diketahui keberadaannya hingga sekarang.

Tampilkan Wanita Berhijab Nari 'Shaku-Shaku', Video Klip Ini Jadi KontroversiFoto: Youtube Fazl VEVO

Lagu 'This Is Nigeria' secara keseluruhan berisi sindiran terhadap kondisi Nigeria saat ini. Para penari berhijab ala 'Chibok Girls' itu jadi salah satu isu yang diangkat oleh sang penyanyi.

Namun, banyak yang berpendapat tarian 'shaku-shaku' tidak pantas digunakan untuk mencerminkan Chibok Girls. Hal ini ditegaskan salah satu organisasi muslim di Nigeria, The Muslim Rights Concern (MURIC). MURIC secara resmi meminta Falz menurunkan video tersebut.



Menanggapi hujatan dan permintaan MURIC, Falz merasa tidak bersalah. Ia memang mengaku sengaja memakaikan hijab pada para penarinya, untuk mengingatkan kembali isu penculikan di Nigeria.

Baca juga: Rapper Berhijab yang Viral Ini Berencana Luncurkan Album Seperti Beyonce

"Saya cukup terkejut mendengar orang-orang bertanya kenapa ada wanita berhijab nari Shaku-Shaku. Ayolah, apa salahnya dengan orang-orang menari memakai hijab? Adakah hukum yang melarangnya?" ungkap Falz dalam acara Verified di LITV.

Hingga saat ini, Falz tidak menggubris hujatan dan permintaan dari MURIC. Video klip tersebut masih tayang di akun Youtub Falz dan sudah ditonton hampir 7 juta pengguna Youtube.
(sil/sil)