Viral, Wanita Cantik Asal Iran Lepas Jilbab Saat Nonton Piala Dunia

Silmia Putri - wolipop Minggu, 24 Jun 2018 15:18 WIB
Foto: dok. AP photographer (Frank Augstein) Foto: dok. AP photographer (Frank Augstein)

Jakarta - Aturan yang mengikat wanita muslim di Iran masih jadi perdebatan hangat. Khususnya tentang aturan memakai hijab. Pada Februari lalu, ada aksi #NoHijabDay berupa aksi melepas hijab sebagai protes kepada aturan pemerintah Iran.

Hal ini yang mendasari viralnya sebuah foto wanita cantik asal Iran yang sedang menonton pertandingan Piala Dunia di Rusia. Sepintas, foto tersebut tidak menyimpan keanehan sama sekali. Foto yang diambil oleh AP photographer, Frank Augstein itu diambil saat pertandingan Iran melawan Spanyol.

Baca Juga: Cerita Youtuber Cantik Lepas Jilbab, Nggak Nyangka Ini Alasannya

Namun, setelah dilihat lebih dekat ada keganjalan dalam foto tersebut. Pada ID yang dipakai wanita itu terlihat foto profil wanita yang memakai kerudung. Banyak netizen menyimpulkan wanita itu melepas hijab untuk menonton pertandingan hari itu.

Ada pula yang menyebutkan wanita itu memakai hijab karena peraturan di Iran, tapi banyak wanita Iran yang melepas jilbab saat traveling ke luar negeri. Sebagaimana diketahui bahwa banyak negara yang kurang ramah terhadap wanita berhijab.

Tidak diketahui nama perempuan yang berada di foto itu. Netizen pun ramai menyebutnya sebagai 'Iriana Grande' karena memiliki wajah cantik bak Ariana Grande.

Baca Juga: Foto: 5 Artis yang Pernah Memutuskan Melepas Hijab

"Wanita Iran ini melepas hijab dan menjadi Iriana Grande," ungkap akun Twitter bernama @the_nifemi.

Menonton pertandingan sepak bola masih jadi hal yang tabu di Iran. Sejak tahun 1979, meski tidak ada hukum resmi, tak ada wanita yang boleh nonton pertandingan sepak bola secara langsung di stadion. Namun, tahun ini ada perbedaan. Beberapa fans termasuk wanita yang disebut 'Iriana Grande' itu sudah memiliki izin dari pemerintah Iran untuk menonton pertandingan langsung di stadion Rusia.



Tonton juga video 'Viral! Aksi Perempuan Iran Lepas Jilbab':


(sil/kik)