Viral, Balerina Berhijab Mesir Dobrak Tradisi Menari Balet di Tengah Kota

Silmia Putri - wolipop Selasa, 06 Feb 2018 16:30 WIB
Foto: Hussein Hossam Foto: Hussein Hossam

Jakarta - Menari balet masih jadi hal yang tabu di Mesir. Tarian balet ini dianggap sebagai budaya negara barat yang bertentangan dengan budaya Arab di Mesir. Apalagi pakaian balet yang biasanya terbuka dan memperlihatkan bentuk tubuh, tidak selaras dengan pakaian wanita muslim. Ada tekanan tersendiri dari masyarakat Mesir yang membuat para pecinta balet memiliki gelembung sendiri untuk membesarkan karya mereka.

Baru-baru ini, seorang balerina berhijab, Aya Magdy melakukan gebrakan dengan menari balet dan berfoto di tengah kota Alexandria, Mesir. Foto-foto balerina yang masih berusia 20 tahun itu merupakan hasil bidikan fotografer Hussein Hossam. Foto tersebut diunggah di facebook Fantasia Photograph dan menyebar di media sosial.

Aya Magdy yang merupakan mahasiswi hukum mengungkap alasan ia melakukan hal itu adalah untuk mempromosikan Alexandria sebagai tempat wisata. Ia sengaja menari di depan bangunan ikonik Alexandria, Stainley Bridge.

Viral, Balerina Berhijab Mesir Dobrak Tradisi Menari Balet di Tengah KotaFoto: Hussein Hossam

Menari dengan memakai baju atasan berwarna merah, scarf bermotif leopard, dan sepatu balerina putih, Aya Magdy sempat membuat orang-orang di jalanan terkejut. "Mereka awalnya terkejut, tapi kemudian saya melihat mereka juga terkagum-kagum melihat saya. Mereka melihat saya sebagai sebuah pertujunkan seni yang indah," ungkap Aya Magdy dilansir dari ArabNews.
Viral, Balerina Berhijab Mesir Dobrak Tradisi Menari Balet di Tengah KotaFoto: Hussein Hossam

Aya Magdy bukan satu-satunya balerina yang melakukan hal seperti ini. Sebelumnya, beberapa balerina di balik akun Instagram Ballerinas of Cairo sering mengunggah foto balerina menari di jalanan. Aya Magdy mengaku terinspirasi dari akun Instagram tersebut dan melakukan hal serupa di kotanya sendiri, Alexandria. Bedanya, Aya Magdy jadi balerina berhijab pertama yang melakukan aksi itu.

Sebagai wanita berhijab, aksi Magdy menari di tengah jalan tetap menuai kontroversi. Meski begitu, Aya Magdy tetap pada pendiriannya untuk mengenalkan tarian tersebut sebagai karya seni sekaligus mengenalkan keindahan kotanya, Alexandria. (sil/sil)