Cerita Dian Pelangi yang Ditatap Sinis karena Berhijab Saat Traveling

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 19 Okt 2017 14:12 WIB
Foto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop Foto: Dok. Arina Yulistara/Wolipop

Jakarta - Di balik kesibukan Dian Pelangi pergi fashion show ke berbagai negara, ia mengaku suka mencuri-curi waktu untuk melakukan solo traveling atau travelling sendirian. Dian Pelangi belakangan ini lebih sering menyempatkan waktu untuk solo traveling ke beberapa kota di negara barat.

Desainer 26 tahun ini mengaku senang solo traveling karena bisa mendapat banyak teman. Ia pun berbagi pengalamannya melakukan solo traveling termasuk bagaimana mendapat tatapan sinis dari orang lain karena berhijab.

"Aku sekarang kan sendiri, kalau solo traveling aku merasa nggak sendiri. Solo traveling tujuannya bukan foto-foto, aku justru dapat banyak teman karena lebih sering berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Kayak duduk di kereta sama sebelahnya bisa ngobrol. Datang ke sana duduk di restoran juga bisa ngobrol, ajak main anak kecil, salah satu yang nggak bikin kesepian saat solo traveling masyarakat sekitar," cerita Dian Pelangi saat berbincang dengan Wolipop di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2017).

Bagi Dian Pelangi, tidak ada kendala yang signifikan saat melakukan solo traveling kecuali foto. Namun ia sudah memiliki trik sendiri agar punya foto ketika sedang solo traveling yakni menawarkan orang lain untuk difoto. Ketika menawarkan bantuan kepada orang lain untuk membantu mereka bisa foto-foto maka secara otomatis orang yang dibantu juga akan memberikan tawaran balik.

Selain foto, sikap diskriminasi terkait hijabnya juga beberapa kali dialami saat pergi sendiri. Seperti ditatap sinis hingga diabaikan pernah dialami Dian Pelangi. Akan tetapi, ia berusaha memaklumi hal tersebut mengingat banyak masyarakat dunia yang masih belum memahami soal hijab.

"Diskriminasi tetap ada, kayak lagi di kereta, orang yang duduk samping aku terus tiba-tiba pindah yang aku yakin karena aku berhijab. Nggak dilayani saat di restoran, disinisin, dilihatin dari atas sampai bawah. Aku hanya berusaha tetap baik walaupun mereka begitu," katanya.

Meski demikian, Dian Pelangi mengaku merasa nyaman berpergian sendiri. Ia bisa menikmati me time. Dian Pelangi biasa menghabiskan waktu dari pagi sampai sore dan memilih tidak menginap karena malas bawa koper.

Di 2017, Dian Pelangi sudah melakukan solo traveling setelah fashion show di Moskow, Italia, New York, dan Paris. "Waktu ke Torino aku sempat ke Verona, Italia, Swiss. Di Moskow juga sebentar, New York cuma area New York saja. Kalau Paris sempat ke Colmar kayak desa kecil dekat Jerman. Aku selalu PP (pulang pergi) cuma bawa diri dan tas kecil. Aku suka cari tourist attractions sendiri, makan sendiri, sore pulang. Jadi barang-barang tetap di hotel," Dian Pelangi menambahkan sebelum menutup perbincangan.

Saksikan Cerita Dian Pelangi Dapat Perlakuan Diskriminasi di sini:


Tonton juga video lainnya di 20detik!
(aln/eny)