Karya Siswi di AS Picu Perdebatan karena Gambar Patung Liberty Berhijab

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 15 Agu 2017 07:45 WIB
Foto: Dok. Twitter
Amerika - Lukisan seorang siswi SMA di Amerika mendadak jadi perdebatan karena menggambar Patung Liberty dengan berhijab. Lukisan tersebut dipajang di kantor anggota Partai Demokrat di California, J. Luis Correa.

Karya seni siswi yang disembunyikan identitasnya itu cukup menarik perhatian karena menggambar ikon Amerika tapi dengan cara yang tidak biasa. Ilustrasi Patung Liberty yang digambarnya tampak memakai jilbab menutup sampai leher.

Bagian obor juga mencuri perhatian karena tampak sejajar dengan pundak kiri. Sementara Patung Liberty yang asli obor dipegang ke atas dengan satu tangan. Siswi tersebut diketahui ikut lomba menggambar yang digelar di Congressional Art Competition, California, Amerika Serikat.
Karya Siswi di AS Picu Perdebatan karena Gambar Patung Liberty BerhijabFoto: Dok. Twitter

Gambar Patung Liberty berhijab itu kemudian menjadi kontroversi. Banyak yang mengatakan kalau gambar Patung Liberty berhijab menghina negara, tidak profesional, dan tak akurat. Beberapa orang meminta gambar itu ditiadakan serta tak dipajang lagi di publik agar tak menimbulkan masalah panjang.

Meski demikian, Correa dikabarkan tak ingin mencopot gambar itu dari dinding kantornya. Ia mengatakan tak ada yang salah dengan gambar itu, mungkin ada makna perjuangan di balik gambar yang dilukis siswi muslim tersebut.

"Aku berpikir mungkin ini dibuat oleh seorang wanita muslim muda yang berusaha sangat keras untuk menjadi bagian dari Amerika. Dia ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa dia orang Amerika mengingat politik yang terjadi sekarang ini," ujar Correa kepada Washington Post.

Correa juga mempertahankannya karena ini merupakan hasil kreasi siswanya. Dan ia ingin semua siswa mengekspresikan diri mereka lewat sini. Jadi menurutnya tak ada yang salah dengan gambar itu.

Gambar Patung Liberty berhijab itu dipajang bersama dengan karya seni anak lainnya. Ada yang menampilkan seorang wanita dengan rambut berakar, kepala yang ditumbuhi bunga-bunga, hingga seorang wanita bertopi. Setiap gambar mempunyai makna berbeda-beda yang mendalam. (ays/ays)