Marini Zumarnis Ternyata Rutin 'Blusukan' untuk Ajak Wanita Berhijab

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 03 Agu 2017 18:31 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Di balik kesibukannya menjadi selebriti, Marini Zumarnis rupanya punya kegiatan yang mulia. Salah satunya dengan pergi 'blusukan' bersama teman-teman pengajiannya untuk mengajak para muslimah yang tinggal di perkampungan mengenakan jilbab.

Saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu, Marini Zumarnis bercerita kalau ia membentuk komunitas bersama sekitar 20 teman pengajiannya bernama 'Sahabat Soleha'. Ia dan teman-temannya tersebut membuat kegiatan untuk pergi ke perkampungan di Jabodetabek untuk mengajak para muslimah berhijab.

"Kita ke daerah-daerah lebih fokus di Jabodetabek, ke kampung-kampung, gang-gang, ketemu ibu-ibu PKK. Kita kasih tahu orang-orang untuk berhijab, mengajak mereka, aku nggak menggurui, kita lebih ke komunitas-komunitas kayak komunitas tukang cuci baju, ke bantar gebang tempat sampah. Kegiatannya lebih kayak sharing, aku ngajarin hijab tutorial, temanku ngajarin yang lainnya, alhamdulillah setelah kita pulang ada yang memutuskan berhijab. Sekarang sudah banyak yang berhijab," ujar Marini Zumarnis kepada Wolipop di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain mengajak para wanita berhijab, Marini Zumarnis dan teman-temannya juga mengajarkan beberapa ilmu bermanfaat yang mungkin bisa meningkatkan kehidupan mereka nantinya. Mulai dari mengajarkan makeup, masak, hingga membuat daur ulang sampah. Ia mengaku senang bisa menjadi bagian dari kegiatan ini. Marini pun selalu menyelipkan waktu sekitar dua jam dari jadwal syutingnya ketika bentrok dengan jadwalnya blusukan.

"Karena aku syuting ya waktunya aku selip-selipin makanya belum ada kegiatan keluar kota. Biasanya aku masukin waktu sekitar dua jam untuk ketemu mereka," ujar Marini Zumarnis.

Wanita 41 tahun itu mengatakan kegiatan ini mengajarkannya banyak hal tentang kehidupan. Ia merasa lebih bersyukur. Tak hanya itu, ia juga merasa ada kepuasan tersendiri setelah melakukan kegiatan non-profit itu.

"Yang aku dapat kepuasan. Aku tuh tipikal orang yang nggak risih, aku senang, aku bisa dapat ilmu dari mereka. Mereka bisa survive, jadi mereka lebih bersyukur. Ternyata di sekeliling kita banyak yang mengabdi kepada Allah. Ada yang 24 jam jadi bidan tanpa dibayar, ada juga ngajarin anak-anak tanpa dibayar, masya Allah," tambahnya.

Kegiatan sosial untuk mengajak para muslimah berhijab yang dilakukan Marini Zumarnis ini sudah berlangsung selama kurang lebih tiga tahun. Marini Zumarnis menuturkan kegiatan itu dilakukan rutin setiap bulan kecuali selama Ramadan. (ays/ays)