Netizen Ajak Masyarakat AS Bawa Scarf Demi Bantu Hijabers Pasca Trump Menang

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 24 Nov 2016 15:31 WIB
Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta - Donald Trump kini terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Kemenangan Trump memberikan pengaruh yang siginifikan terhadap masyarakat muslim. Kampanye 'Anti Muslim' yang pernah diserukannya membuat masyarakat khawatir akan kelangsungan hidup mereka ke depannya.

Tidak hanya itu, terjadi peningkatan terhadap kasus rasisme dan diskriminasi di tempat umum yang menyerang masyarakat muslim setelah pemilu. Hal tersebut sangatlah miris dan membuat banyak orang merasa iba.

Beberapa netizen pun berkomentar di akun media sosial mereka. Bahkan sebagian di antaranya menyerukan untuk membawa scarf di dalam tas saat berpergian. Tujuannya bukan untuk dipakai sendiri tapi membantu wanita berhijab yang mengalami tindak diskriminasi ketika berada muka publik.

Dikutip dari Daily Dot, salah satu penyeruannya datang dari pemilik akun Tumblr, @theroomwhereitswritten. Ia menuliskan bahwa perlunya kesadaran masyarakat untuk membantu sesama. Dengan membawa scarf dalam tas masing-masing maka bisa membantu wanita berhijab yang 'diserang' saat di berada di tempat umum.

"We need to take care of our hijabi ladies! If you see hate like this, help them cover their hair, shield them, and feel free to do some verbal ass kicking of the stupid fucker that did it. Encouraging any hijab wearing ladies who see this to chime in with additional comments or things we ought to do to help you beautiful wonderful amazing people out and stop this insanity! Take care of each other guys. Love not hate," tulisnya.

Baca juga: Berhijab Sehari Hingga Pakai Henna, Cara Mahasiswi AS Redakan Islamophobia

Imbauan lainnya datang dari akun Tumblr @thatvegancosplayer yang mengatakan bahwa ia beberapakali membawa scarf warna hitam untuk kostum cosplay. Namun melihat lonjakan rasis yang terjadi saat ini, ia mengaku selalu memasukkan scarf tersebut ke dalam tas untuk berjaga-jaga bila melihat kejahatan kebencian di jalan.

"I would encourage all people who can afford to and feel safe to, to keep an extra scarf in their purse or on their person, in case someone tries to remove a woman's headscarf or hijab," sarannya.

Ada pula seorang wanita keturunan Vietnam yang tinggal di Boston dengan akun Twitter @ohleevieah menyebutkan bahwa membawa ekstra scarf dalam tas bisa membantu teman Anda yang berhijab bila mengalami penyerangan Islamophobia saat berjalan ke luar rumah.

Pemilik akun Twitter lainnya @jinxyreads juga kini mengaku sering membawa scarf walaupun ia pria setelah membaca banyaknya diskriminasi terhadap wanita berhijab. "That post on tumblr about what you should do of someone pulls off a persons hijab has really got me thinking I should carry a scarf with me," tulisnya.

Baca juga: Hijabers Ini Akhirnya Bertemu Obama Pasca Kirim Surat karena Islamophobia (ays/ays)