Tips Memilih Gaya Hijab Sesuai Kepribadian Untuk Hijabers Pemula

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 23 Sep 2016 15:41 WIB
Foto: Dok. Instagram Haute Hijab Foto: Dok. Instagram Haute Hijab

Jakarta - Bagi Anda yang baru mengenakan hijab, biasanya dilanda kebingungan model jilbab seperti apa yang sebaiknya diterapkan saat keluar rumah. Untuk membantu Anda, berikut tips memilih gaya hijab sesuai kepribadian.

Tips berikut diberikan oleh blogger hijab populer Melanie Elturk. Menurut Melanie, sangat penting bagi hijabers memakai jilbab yang sesuai dengan gaya mereka agar merasa nyaman saat beraktivitas sehari-hari.

Langkah 1: Eksperimen



Melanie yang merupakan pendiri dari situs hijab Haute Hijab itu menyarankan langkah paling mudah dalam menemukan gaya hijab yang sesuai dengan kepribadian adalah melalui eksperimen. Cobalah berbagai gaya hijab yang Anda ketahui. Agar lebih mudah, coba berbagai tutorial hijab yang ada di YouTube atau blog para hijabers.

Jika sebelumnya Anda memakai hijab karena mengikuti gaya jilbab teman atau hijabers populer atau malah sesuai tren, sebaiknya pastikan dulu memang model hijab tersebut membuat Anda nyaman dan percaya diri. "Belum tentu gaya jilbab mereka sesuai untukmu dan bentuk wajahmu. Setiap bentuk wajah memiliki gaya hijab yang berbeda-beda," kata Melanie.

Melanie sendiri awalnya memakai jilbab yang menutupi sebagian keningnya dengan ciput. Gaya jilbab itu dikenakannya karena pada saat itu semua orang memakai model tersebut. Namun belakangan dia sadar gaya tersebut tidak cocok untuknya karena keningnya rata atau tidak ada lekukan.

Langkah 2: Memilih Warna



Setelah menemukan gaya hijab yang nyaman dan membuat Anda percaya diri, perhatikan pemilihan warna jilbab. Pilih warna hijab yang memang cocok dengan warna kulit Anda.

Kalau Anda sudah mendapatkan warna-warna apa saja yang sesuai dengan warna kulit, Anda bisa mulai membeli warna-warna tersebut dalam jumlah banyak. Miliki juga jilbab yang sudah sesuai dengan warna kulit itu dalam berbagai jenis bahan agar lebih banyak variasi hijab yang Anda miliki.

Langkah 3: Memilih Bahan



Ada berbagai macam jenis bahan jilbab seperti satin, jersey, viscose, katun, rayon dan lain-lain. Aneka bahan itu memiliki tampilan yang berbeda-beda ketika dipakai. Oleh karena itu Melanie menyarankan kembali lagi lakukan berbagai eksperimen. Coba aneka jenis bahan tersebut dan temukan bahan mana yang paling membuat Anda nyaman

Langkah 4: Memilih Motif



Jilbab kini hadir tak hanya dalam warna-warna polos tapi juga bermotif. Namun tidak semua motif cocok untuk Anda. Sama seperti memilih bahan dan warna, coba berbagai macam motif hijab hingga Anda menemukan mana yang benar-benar memuaskan untuk penampilan Anda.

Menurut Melanie, sebenarnya ada beberapa motif hijab yang cocok dikenakan semua hijabers. Motif-motif itu di antaranya bunga, polkadot, houndstooth dan paisley.




(eny/eny)