ADVERTISEMENT

8 Tanda-tanda Hamil Muda Selain Telat Haid

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 01 Des 2022 09:30 WIB
Tanda-tanda hamil muda. Foto: Dok. iStock Tanda-tanda hamil muda. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Telat haid tidak selalu tanda-tanda hamil. Namun ada beberapa tanda-tanda hamil muda yang perlu kamu sadari. Simak di sini yuk.

Setiap wanita memiliki pengalaman hamil yang berbeda-beda. Tidak setiap wanita memiliki gejala yang sama, termasuk mengenai tanda-tanda hamil muda.

Belum lagi tanda-tanda hamil muda yang seringkali menyerupai gejala sebelum dan selama menstruasi, mungkin tidak kamu sadari. Penting memahami tanda hamil muda karena usia kandungan yang masih awal sangat rentan.


Yuk pahami tanda-tanda hamil muda yang perlu kamu pahami selain telat haid, seperti dilansir dari WebMD.

Pregnant woman FallsTanda-tanda hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/Milatas

1. Bercak dan Kram

Setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim sehingga menyebabkan bercak dan kram bagi beberapa wanita. Hal ini salah satu tanda-tanda hamil muda.

Bercak itu disebut pendarahan implantasi. Itu terjadi antara 6 hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi.

Kramnya mirip dengan PMS sehingga beberapa wanita salah mengartikannya sebagai awal menstruasi. Selain bercak, kamu juga mungkin melihat keluarnya cairan putih seperti susu dari vagina.

Itu terkait dengan penebalan dinding vagina yang dimulai segera setelah pembuahan. Meningkatnya pertumbuhan sel-sel yang melapisi vagina menyebabkan keluarnya cairan.

2. Perubahan pada Payudara

Perubahan payudara merupakan tanda-tanda hamil muda lainnya. Kadar hormon wanita berubah dengan cepat setelah pembuahan.

Karena perubahan tersebut, payudara mungkin menjadi bengkak, nyeri, atau kesemutan satu hingga dua minggu kemudian. Kamu juga mungkin merasa lebih berat, penuh, atau lembut saat disentuh.

Attractive pregnant woman is working in light modern office. Feel of tiredness on last months of pregnancy.Tanda-tanda hamil, kelelahan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vasyl Dolmatov

3. Kelelahan

Merasa sangat lelah merupakan hal yang normal dalam kehamilan dan bisa menjadi tanda-tanda hamil muda. Seorang wanita bisa mulai merasa lelah luar biasa segera setelah satu minggu setelah hamil.

Mengapa? Ini sering dikaitkan dengan tingkat tinggi hormon yang disebut progesteron.

Tanda-tanda hamil muda lainnya, KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2