Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama yang Wajib Diketahui

Puti Yasmin - wolipop Senin, 18 Jan 2021 10:00 WIB
young woman who makes a heart shape by hands on her stomach. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks/Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama yang Wajib Diketahui
Jakarta -

Kehamilan bisa diketahui secara sendiri maupun melalui tes. Bahkan, ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama bisa menjadi penanda bagi para wanita.

Pada dasarnya, gejala hamil muda sulit untuk dideteksi pastinya. Sebab, tanda pasti hamil biasanya baru muncul pada usia kehamilan ke tiga atau empat minggu.

Terlebih, cara menghitung usia kehamilan ditentukan dari hari pertama haid atau menstruasi terakhir. Sehingga bila wanita telah mengalami telat haid, mungkin usia kehamilan sudah memasuki waktu 4 minggu.

Kehamilan di usia 1 minggu biasanya belum ada janin yang tumbuh. Sebab, ini adalah tahapan sebelum fertilisasi dan membuahkan janin sehingga tubuh sedang bersiap untuk hamil.

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pada dasarnya mirip rasanya dengan menstruasi. Adapun, gejalanya bisa muncul selama tiga hingga tujuh hari dengan efek yang berbeda-beda pada tubuh wanita.

"Tanda pasti dan tingkat keparahannya akan berbeda untuk setiap orang," ungkap Dr Amin Gorgy, konsultan kesuburan dan salah satu Direktur The Fertility & Gynecology Akademi, dikutip dari Made For Mums.

Nah, apa saja ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama? Klik DI SINI untuk membacanya.

(pay/erd)