7 Tanda Awal Kehamilan yang Paling Mudah Dikenali

Tasya Awlia - wolipop Selasa, 05 Nov 2019 22:03 WIB
7 Tanda Awal Kehamilan yang Paling Mudah Dikenali/Foto: iStock 7 Tanda Awal Kehamilan yang Paling Mudah Dikenali/Foto: iStock

Jakarta - Tanda awal kehamilan penting diketahui sejak dini. Karena tidak sedikit para wanita yang tidak menyadari dirinya hamil.

Biasanya usia 2 minggu kehamilan wanita baru menyadarinya. Tanda awal kehamilan memang sulit diketahui. Karena tanda-tanda hamil yang muncul biasanya tidak terlalu signifikan dan hamir sama dengan gejala PMS.

Beberapa wanita merasakan ada yang berbeda pada tubuhnya, seperti kram perut dan nyeri payudara. Meskipun begitu ada tanda-tanda awal kehamilan yang muncul pada tahap kehamilan.

Berikut 7 tanda awal kehamilan seperti dirangkum Wolipop dari berbagai sumber:



1. Tidak Menstruasi

Tanda awal kehamilan yang sudah tidak asing lagi, ketika seorang wanita tidak mengalami menstruasi atau mengalami telat menstruasi secara rutin. Dalam kondisi tertentu wanita tidak mengalami menstruasi karena kondisi psikis, meliputi stres dan terlalu banyak olahraga.

2. Perubahan Suasana Hati

Saat masa kehamilan, perubahan suasana hati wanita bisa berubah secara mendadak. Hal ini berkaitan dengan adanya perubahan hormon di dalam tubuh, gejala lain dianggap normal. Kondisi ini biasanya membuat wanita bersikap mudah marah, cemas, menangis bahkan menunjukan gejala depresi.

3. Kram dan Perdarahan

Pada masa awal kehamilan, wanita mengalami kram pada bagian bawah perut. Kram yang dialami sama seperti kram pada saat menstruasi. Itu sebabnya, wanita jarang yang menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Selain itu, perdarahan implantasi seperti bercak-bercak. Kondisi ini disebabkan oleh proses menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

4. Perubahan Payudara

Setelah terjadi pembuahan, hormon di dalam tubuh akan berubah. Salah satu akibatnya adalah perubahan pada payudara. Pada wanita hamil, payudaranya akan membesar, terasa nyeri, dan puting susu akan menghitam. Perubahan pada payudara justru bermanfaat untuk persiapan memproduksi air susu untuk calon bayi.

5. Sering Buang Air Kecil

Tanda awal kehamilan, wanita akan sering buang air kecil. Karena saat hamil, tubuh akan memompa darah dalam jumlah yang banyak, sehingga ginjal harus memproses cairan yang lebih banyak. Dalam beberapa kasus, wanita akan sering buang air kecil pada usia kehamilan 6 hingga 8 minggu.



6. Mengalami Sembelit atau Konstipasi

Tanda awal kehamilan juga ditandai dengan munculnya sembelit atau konstipasi. Perubahan hormon ketika hamil menyebabkan sistem kerja pencernaan menjadi sangat lambat, sehingga seringkali membuat wanita konstipasi.

7. Mual dan Muntah

Tanda awal kehamilan yang pasti semua wanita rasakan adalah mual dan muntah biasanya terjadi pada pagi hari (morning sickness). Peningkatan hormon pada wanita di aliran darah dan saluran kemih, menyebabkan rasa perih dan mual. Wanita hamil hanya dengan mencium bau makanan saja bisa merasa mual. Namun rasa mual ini dirasakan tidak pada semua wanita hamil, ada yang mual dan ada yang tidak merasakan mual sama sekali. Rasa mual dan muntah akan mereda ketika bayi di dalam kandungan mulai membesar.

Jika kamu mengalami salah tanda awal kehamilan di atas, disarankan segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini agar dapat dipastikan kamu hamil dari tanda-tanda tersebut atau hanya mengalami kondisi tubuh yang kurang fit. Karena dengan memastikan diri hamil, kamu bisa waspada dan memperhatikan kesehatan janin sejak dini.



Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)