ADVERTISEMENT

7 Penyebab Jerawat di Pipi yang Jarang Diketahui, Bantal sampai Ponsel

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 29 Okt 2022 12:35 WIB
Benarkah Minum Susu Picu Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit Penyebab jerawat di pipi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Jakarta -

Penyebab jerawat di pipi bukan hanya masalah hormon, tapi jug bakteri lain di ponsel. Dan kapan pun kamu mendekatkan ponsel ke wajah, kamu menyebarkan bakteri itu ke kulit, yang berpotensi menyebabkan lebih banyak jerawat di pipi.

Jerawat bukan hanya memberikan rasa sakit tapi juga tidak nyaman dan tak percaya diri. Jerawat yang menetap di satu sisi wajah cenderung disebabkan oleh bakteri dari ponsel yang kotor, sarung bantal, dan kebiasaan lain seperti menyentuh wajah.

Apa Penyebab Jerawat di Pipi?

Seringkali, jerawat di pipi disebabkan oleh penumpukan kotoran, minyak, dan kotoran yang menyumbat pori-pori dari waktu ke waktu. Kulit kering, kombinasi atau berminyak, jerawat di pipi biasanya merupakan produk sampingan dari lingkungan.

Berikut ini faktor-faktor Penyebab Jerawat di Pipi

Jerawat di wajahPenyebab jerawat di pipi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso

1. Sarung Bantal & Seprai Kotor

Perhatikan seprai! Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi sepraimu bisa menjadi faktor penyebab munculnya jerawat di pipi. Dalam waktu singkat, seprai menjadi tempat berkembang biaknya jamur jahat, bakteri, debu, kotoran, serbuk sari, dan banyak lagi alergen yang menempel di sepraimu.

Dan bukan hanya seprai, ini juga termasuk sarung bantal. Sarung bantal menyentuh wajah, leher, dan rambutmh selama sekitar tujuh jam atau lebih setiap malam.

Ini berarti tubuhmu memindahkan kotoran dan bakteri yang kamu bawa sepanjang hari ke seprai. Mungkin juga minyak dari rambut akan membuat kontak dengan wajah, membuat masalah bagi mereka yang memiliki kulit berminyak menjadi lebih buruk.

2. Penyebab Jerawat di Pipi: Menyentuh Wajah

Sepanjang hari, tangan mengumpulkan segala macam polutan dan alergen baik saat menyentuh keyboard, spons dapur, atau menggunakan smartphone. Dan, semakin sering menyentuh wajah, semakin banyak bakteri, kotoran, dan alergen yang bersentuhan. Di sela-sela mencuci, zat-zat ini memiliki waktu untuk meresap ke dalam kulit, berpotensi menyumbat pori-pori dan berkontribusi terhadap jerawat.

3. Skincare yang Buruk

Produk perawatan kulit mungkin juga menjadi bagian dari masalah. Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit atau riasan yang mengandung bahan-bahan seperti alkohol dan wewangian sintetis, bahan-bahan tersebut dapat mengiritasi kulit atau menyumbat pori-pori.

4. Teknik Mencukur yang Tidak Benar

Teknik mencukur mungkin menyebabkan iritasi dan meningkatkan risiko rambut tumbuh ke dalam. Hal tersebut bisa menjadi penyebab jerawat di pipi.

Oatmeal cereals with grated coconut and nuts in a bowl of coconut shell tabletop viewPenyebab jerawat di pipi. Foto: Getty Images/Stefan Tomic

5. Nutrisi

Jika memiliki jerawat di pipi, diet mungkin ada hubungannya dengan itu. Menyesuaikan diet yang baik dapat membuat dampak besar pada warna kulit.

6. Penyebab Jerawat di Pipi: Perubahan Hormonal

Seperti halnya jerawat di wajah dan tubuh, perubahan hormonal biasanya merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi munculnya jerawat. Itu sebabnya banyak orang mengalami jerawat terburuk ketika mereka mengalami masa pubertas atau kehamilan.

7. Masalah Metabolik

Jika kamu memiliki masalah metabolisme, kamu mungkin menunjukkan jerawat sebagai salah satu gejalanya. Hal ini karena ada gangguan pada proses alami tubuh yang menyebabkan peradangan, termasuk munculnya jerawat di pipi.

Demikianlah penyebab jerawat di pipi yang jarang diketahui. Faktor lain juga dapat berperan dalam mengembangkan jerawat pipi. Jerawat bahkan mungkin disebabkan oleh stres atau rutinitas olahraga.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya