ADVERTISEMENT

10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Pasti Berguna

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Selasa, 12 Jul 2022 19:00 WIB
Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir. Foto: Getty Images/iStockphoto/NataliaDeriabina Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir. Foto: Getty Images/iStockphoto/NataliaDeriabina
Jakarta -

Perlengkapan bayi baru lahir sebaiknya sudah dipersiapkan sejak memasuki trimester tiga kehamilan. Kenapa harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum persalinan?

Saat kehamilan sudah masuk trimester tiga, persalinan bisa terjadi kapan saja, bahkan di saat-saat tak terduga. Selain agar memudahkan istri dan suami begitu ada keadaan darurat, juga supaya tidak bingung ketika harus buru-buru ke rumah sakit.

Apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus diprioritaskan? Ini dia daftarnya.

1. Pakaian Bayi

Shot of a mother changing her newborn baby girl at homeFoto: Getty Images/pixdeluxe

Perlengkapan bayi baru lahir yang utama adalah seperangkat pakaian bayi. Tidak perlu mewah untuk minggu-minggu pertama kelahiran bayi.

Kamu bisa membeli pakaian bayi yang sederhana dan ramah anggaran. Sebaiknya jangan terlalu banyak membeli pakaian bayi baru lahir karena tidak akan dipakai lama.

Seperangkat pakaian yang dibutuhkan;

5-8 pakaian dalam, tergantung seberapa sering mencucinya
3-4 kain tidur bayi untuk alas tidur
5-7 pasang kaus kaki bayi
1-2 topi bayi baru lahir, tergantung iklim

Pertimbangkan seberapa sering kamu mencuci pakaian dan perkiraan cuaca saat bayi lahir. Ini akan mempengaruhi pilihan perlengkapan bayi baru lahir yang diperlukan.

2. Popok Bayi

Ilustrasi Ganti Popok BayiIlustrasi Ganti Popok Bayi. Foto: Shutterstock

Popok menjadi kebutuhan utama yang wajib punya saat membeli perlengkapan bayi baru lahir. Kamu bisa membeli popok kain atau sekali pakai. Kedua jenis popok tersebut memiliki plus dan minusnya.

Dalam membeli popok sebagai perlengkapan bayi baru lahir, kamu perlu mempertimbangkan anggaran. Mungkin bisa menyediakan kedua jenis tersebut jika bingung dan pilih mana yang paling nyaman.

Ingat, perlengkapan bayi baru lahir satu ini wajib karena bayi pada minggu pertama bisa menggunakan 8 hingga 10 popok sehari. Jadi pastikan kamu memiliki banyak popok. Siapkan juga perlak untuk mengganti popok.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3