Minyak Zaitun untuk Rambut, Ini Cara Menggunakannya

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 06 Mei 2022 11:00 WIB
Portrait of a beautiful young woman brushing her hair in the bathroom at home Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Jakarta -

Banyak orang telah menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut, karena diklaim bisa menambah kilau hingga bikin lembut. Lalu, bagaimana cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut?

Beberapa penelitian tentang minyak zaitun menunjukkan bahwa memiliki efek pelembab. Minyak zaitun bisa menambah kelembutan dan memperkuat rambut dengan menembus batang rambut dan menjaga kelembapan.

Jika kamu belum pernah menggunakan minyak zaitun untuk rambut, ada beberapa langkahnya. Apa saja? Berikut ini cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut:

1. Mengukur Minyak Zaitun

Jika kamu belum pernah bereksperimen dengan minyak zaitun sebagai produk rambut sebelumnya, gunakan hanya satu atau dua sendok makan untuk perawatan pertama. Berapa banyak minyak zaitun yang harus digunakan tergantung pada seberapa kamu ingin melembabkan dan di mana.

Jika kamu ingin merawat seluruh kepala, kamu membutuhkan setidaknya 1/4 cangkir minyak zaitun. Terlebih jika kamu memiliki rambut panjang atau sangat tebal.

2. Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut: Pijat

Pijat minyak dalam-dalam ke rambut selama beberapa menit. Kamu juga bisa memijatnya ke kulit kepala jika kulit kepala kering. Untuk yang paling efektif, bungkus rambutmu dengan topi mandi dan biarkan minyak meresap selama 15 menit atau lebih.

3. Bilas

Sisir rambut dengan sisir bergigi jarang sebelum kamu keramas untuk menghilangkan minyak. Ini akan membuat menyisir dan menata rambut setelahnya lebih mudah.

Keramas dengan sampo dan keringkan rambutmu untuk melihat hasilnya. Kamu mungkin perlu keramas dua kali, tergantung seberapa banyak yang kamu gunakan.

Seperti dikutip Healthline, penggunaan minyak zaitun untuk rambut tidak ada yang berbahaya. Kecuali jika rambutmu cukup kering sehingga memerlukan perawatan pelembab setiap hari, gunakan seminggu sekali atau lebih jarang untuk hasil terbaik.

(eny/eny)