4 Kebiasaan Ini Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 18 Apr 2022 03:30 WIB
Dermatillomania skin picking. Woman has bad habit to pick her lips. Harmful addiction based on anxiety stress and dry lips. Excoriation disorder. Sick cracked damaged tissue. Penyebab bibir kering saat puasa. Foto: Istock
Jakarta -

Ramadan sudah berjalan 15 hari. Tak sedikit ada yang merasakan efek puasa yaitu bibir kering karena kurang minum air. Selain kurang minum air, empat kebiasaan ini juga menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.

Saat puasa tubuh kekurangan asupan air, sehingga dapat terjadi dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya bisa terjadi pada tubuh tapi juga berpengaruh pada kulit. Kulit menjadi kering dan bersisik. Biasanya bibir menjadi bagian tubuh yang paling terasa kering dan pecah-pecah.

Inilah empat kebiasaan buruk yang menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah saat puasa:

1. Kurang Makan Buah

Perbanyaklah makan buah saat berbuka dan sahur. Buah akan menggantikan cairan yang hilang selama Anda tidak makan dan minum. Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga atau kiwi bagus untuk membuat kulit tubuh dan bibir lebih lembab.

2. Terlalu Banyak Makan Pedas dan Asin

Saat berbuka puasa dan sahur hindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut kering. Selain itu mengonsumsi makanan asin dan pedas malah membuat Anda cepat haus.

4. Bernapas dari Mulut

Bernapaslah dari hidung. Menurut dr. Lawrence E. Gibson, M.D, seorang dermatologis dari Mayoclinic, bernapas dari mulus menyebabkan bibir menjadi kering.

5. Menjliat Bibir

Bibir yang kering memang membuat seseorang jadi terus menjilatnya. Padahal itu tidak baik bagi bibir. "Menjilat bibir akan merusak pelindung pada bibir. karena mengandung enzim yang semakin membuat bibir jadi kering," ujar beauty editor dari situs Bag.



Simak Video "Tren Jilbab di Pasar Tanah Abang yang Diburu Warga Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)