Punya Problem Bibir Pecah-Kulit Kering Saat Puasa? Ini Cara Atasinya

Yudistira Perdana Imandiar - wolipop Rabu, 13 Apr 2022 11:11 WIB
ilustrasi bibir kering Foto: thinkstock
Jakarta -

Bibir kering dan pecah-pecah hingga kulit berjerawat bisa dialami orang yang berpuasa. Buat kamu yang kerap mengalami kondisi tersebut, tenang saja karena hal itu dapat diatasi dengan cara cukup mudah.

Dokter spesialis kulit dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV menjelaskan kurangnya asupan cairan dan juga pola makan yang tidak teratur saat berpuasa berpotensi menimbulkan permasalahan pada kulit. Bersama Tokopedia, dr. Kardiana membagikan sejumlah tips untuk mengatasi problematika tersebut. Berikut ulasannya.

1. Banyak Minum Air Putih

Guna menjaga kelembaban kulit selama berpuasa, dr. Kardiana mengingatkan untuk mengutamakan asupan cairan, terutama air putih. Ia menerangkan manusia membutuhkan minimal 1,5 hingga 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya. Agar kebutuhan itu terpenuhi, dr. Kardiana menyarankan minum 2 gelas saat bangun sahur dan sebelum imsak, lalu 6 gelas berikutnya diminum saat berbuka hingga sebelum tidur.

"Hindari minuman berkalori tinggi, serta gula yang berlebih, seperti soda atau sirup, karena dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit terutama yang sensitif, seperti jerawat, iritasi hingga eksim," pesan dr. Kardiana.

2. Pilih Tekstur Pelembab Sesuai Kondisi Kulit

Menurut dr. Kardiana, pelembab dapat membantu mengatasi masalah kulit kering. Ia menjelaskan untuk orang dengan kulit berminyak, pilih pelembab bertekstur ringan atau water based. Sementara itu, untuk kulit kering pilih pelembab yang teksturnya lebih pekat atau creamy.

"Jika sedang mengalami masalah eksim pada kulit, gunakan lotion dengan kandungan hypoallergenic," jelas dr. Kardiana.

Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata menimpali sampai 17 April 2022, masyarakat dapat memperoleh berbagai pilihan produk kecantikan dan perawatan tubuh dari merek lokal terkurasi di kampanye Tokopedia Ramadan Beauty Week.

"Joylab dan Npure merupakan dua contoh dari sekian banyak UMKM yang ikut dalam kampanye ini," sebut Sherine.

Ramadan Beauty Week hadir dengan sejumlah penawaran, mulai dari rilisan eksklusif, cashback hingga 50%, diskon hingga 90%, flash sale serta live shopping melalui Tokopedia Play.

3. Perhatikan Durasi Mandi dan Suhu Air

Lebih lanjut, dr. Kardiana mewanti-wanti untuk tidak mandi terlalu lama, terlebih menggunakan air yang terlalu panas karena hal itu bisa menghilangkan minyak alami kulit. Akibatnya kulit kering dalam jangka panjang. Aktivitas scrubbing juga sebaiknya dilakukan cukup seminggu sekali.

Tokopedia Ramadan Beauty WeekTokopedia Ramadan Beauty Week Foto: Tokopedia

4. Kurangi Pemakaian Produk yang Memicu Kulit Kering

Meskipun rangkaian perawatan kecantikan kulit tetap harus dijalankan secara rutin selama Ramadan, dr. Kardiana menyarankan untuk menghindari sementara produk eksfoliasi yang dapat mengikis sel-sel kulit, karena selama bulan puasa kondisi kulit cenderung lebih kering dari biasanya.

"Cek kandungan pada skincare. Bagi yang memiliki kulit kering, hindari dulu produk yang mengandung cairan acid seperti AHA, BHA, retinol dan sebagainya karena dapat menimbulkan iritasi," terang dr. Kardiana.

Sherine menambahkan serum wajah menjadi salah satu produk kecantikan yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia selama 2021 dibandingkan 2020.

5. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kulit

Konsumsi makanan juga berperan terhadap kelembaban kulit. Salah satu yang direkomendasikan dr. Kardiana adalah kurma, sayur, dan buah-buahan.

"Kurma sangat baik dikonsumsi secara wajar karena dapat melembutkan kulit. Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, pepaya, jeruk dan nanas, juga dapat menjaga kelembaban kulit," ujar dr. Kardiana.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/eny)