ADVERTISEMENT

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Melindungi Jantung Hingga Turun Berat Badan

Hestianingsih - wolipop Kamis, 07 Apr 2022 03:30 WIB
beautiful muslim woman open her palm and pray before eating Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Puasa memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Jika diikuti dengan diet sehat saat sahur dan berbuka, manfaat puasa bagi kesehatan bisa lebih maksimal lagi.

Sebuah penelitian yang dilakukan National Health Service di Inggris, puasa berpotensi memperbaiki kondisi penderita diabetes bahkan fungsi pankreas. Selain itu ada empat manfaat lain dengan menjalani puasa Ramadan, seperti dijelaskan Dr Bishnu Charan Pattnaik, dokter dari Columbia Asia Hospital Setapak.

1. Meningkatkan Pertahanan Tubuh Terhadap Radikal Bebas

Manfaat puasa bagi kesehatan bisa meningkatkan kemampuan tubuh mengurangi stres oksidatif. Stres oksidafit adalah kondisi di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya menimbulkan kerusakan sel maupun organ yang lebih banyak.

Dr Bishnu menjelaskan, ketika tidak mendapatkan makanan, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai energi. Ketika lemak dimanfaatkan menjadi energi saat berpuasa, tubuh akan mengeluarkan senyawa kimia dari asam lemak dan dialirkan ke sistem tubuh untuk mengeliminasi radikal bebas melalui organ-organ tubuh seperti usus besar, ginjal, liver, paru-paru hingga kulit.

2. Menurunkan Risiko Sakit Jantung

"Puasa bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan tingkat kolesterol, stres oksidatif dan tekanan darah," kata Dr. Bishnu.

Berdasarkan studi yang dimuat dalam British Journal of Diabetes and Vascular Disease, orang dengan obesitas atau diabetes tipe 2 yang rajin berpuasa akan mendapatkan manfaat pembuluh darah dan kerja jantung yang lebih baik. Jika rajin puasa senin-kamis juga akan sangat bermanfaat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah glukosa juga mempercepat metabolisme.

3. Meringankan Nyeri Sendi

Manfaat puasa bagi kesehatan lainnya adalah membantu meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan, adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan jika disertai dengan asupan makan yang seimbang dan bergizi tinggi. Dengan berpuasa, otomatis kita akan menahan keinginan untuk ngemil dan frekuensi makan juga berkurang.

Tapi ingat, proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, kamu lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.



Simak Video "Elon Musk: Aku Puasa Secara Berkala dan Merasa Lebih Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)