Jelang Hari Obesitas Sedunia, Ini 5 Tips Jaga Berat Badan Ideal

Nada Zeitalini - wolipop Rabu, 02 Mar 2022 17:41 WIB
ilustrasi menimbang berat badan Foto: thinkstock
Jakarta -

Faktor risiko obesitas masyarakat Indonesia berusia lebih dari 18 tahun meningkat dari 15,4% di tahun 2013 menjadi 21,8% di tahun 2018. Hal itu berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes RI tahun 2018.

Obesitas merupakan kondisi seseorang mengalami berat badan berlebih yang memiliki risiko berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Menjaga berat badan tetap pada angka ideal menjadi solusi konkret untuk menghindari obesitas.

Dalam rangka menjelang Hari Obesitas Sedunia yang diperingati pada 4 Maret mendatang, Tokopedia bersama para ahli mengadakan acara yang di dalamnya juga memberikan 5 tips menjaga berat badan ideal.

Beberapa cara menjaga berat badan diantaranya berolahraga dan menjaga makan makanan sehat. Dalam acara tersebut External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya juga mengungkapkan bahwa selama 2021 penjualan makanan sehat di Tokopedia meningkat.

"Tokopedia melihat penjualan produk makanan sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain meningkat hampir 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020," ujar Ekhel dalam keterangan tertulis, Rabu (2/3/2022).

TokopediaFoto: Tokopedia

Berikut 5 tips menjaga berat badan agar terhindari dari risiko obesitas!

1. Rutin Berolahraga

Cara menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas yang pertama adalah melakukan olahraga secara rutin.

"Kategori Olahraga menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia pada 2021. Penjualan produk olahraga, seperti perlengkapan lari, sepatu roda dan skateboard meningkat lebih dari 2x lipat sepanjang 2021 dibandingkan 2020," ungkap Ekhel.

2. Tidur Cukup

Seorang praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT dalam acara Tokopedia mengungkapkan bahwa durasi tidur ideal adalah 7-9 jam sehari. Dengan waktu tidur yang cukup dan berkualitas maka bisa membantu menghilangkan lebih banyak kalori.

"Tubuh manusia memiliki irama sirkadian yang membentuk ritme tubuh. Jika seseorang kurang tidur, maka stabilitas tubuhnya akan terganggu, mulai dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, kestabilan emosi hingga gangguan pada pencernaan dan metabolisme," jelas Andreas.

3. Mengatur Asupan

Asupan yang masuk ke tubuh menjadi nilai penting lainnya untuk menjaga angka berat badan ideal. Misalnya dengan mengatur angka karbohidrat, protein, dan nutrisi yang dikonsumsi.

"Karbohidrat bukan musuh kita, konsumsilah sesuai kebutuhan atau tidak berlebih. Dalam penyajian satu piring, usahakan memasukkan lebih banyak makanan berserat, termasuk sayuran," jelas Celebrity Chef Norman Ismail.

Untuk memenuhi dan mendapatkan produk kebutuhan harian, mulai dari sembako, sayuran, buah, dan daging, bisa melalui Tokopedia NOW! hanya dengan waktu maksimal dua jam pengiriman.

4. Perhatikan Kesehatan Mental

Sebagian orang menjadikan makan sebagai pereda stress dan menjaga kesehatan mental. Namun di sisi lain, kebiasaan ini apabila dilakukan secara berlebihan dapat memicu terjadinya obesitas. Menurut Psikolog Klinis Dewasa Nago Tejena, M.Psi, menjaga kesehatan mental bisa dengan melakukan hal lainnya selain makan.

"Kesehatan mental perlu diperhatikan dan dijaga, misalnya dengan melakukan hobi, menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain, berdamai dengan keadaan dan masih banyak lagi," ujar Nago Tejena.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Perlu diketahui bahwa rokok dan alkohol juga menjadi faktor penyebab obesitas. Kemenkes menganjurkan untuk menghindari rokok dan alkohol yang dapat menyebabkan obesitas. Biasakan mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

(fhs/eny)