11 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

Virgina Maulita Putri - wolipop Selasa, 26 Nov 2019 05:25 WIB
11 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari Foto: Getty Images 11 Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari Foto: Getty Images

Jakarta - Jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari stres, fluktuasi hormon, bakteri, pori-pori tersumbat dan produksi minyak berlebih di wajah. Rupanya, makanan juga merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan jerawat.

Hubungan antara makanan dan jerawat memang banyak dipertanyakan. Tetapi beberapa tahun terakhir, sejumlah penelitian menemukan bahwa makanan memiliki peran yang cukup signifikan dalam memicu munculnya jerawat di wajah dan tubuh.



Berikut 11 makanan penyebab jerawat yang sebaiknya dihindari untuk mencegah munculnya dan memperparah jerawat di wajah seperti dirangkum Wolipop:

1. Karbohidrat Olahan

Makanan yang termasuk karbohidrat olahan adalah roti, cracker, sereal dan pasta yang terbuat dari tepung, nasi putih dan mie. Jenis makanan ini memiliki efek yang dekat dengan kadar gula darah dan insulin.

Karbohidrat olahan diserap ke dalam aliran darah dengan cepat yang bisa menaikkan kadar gula darah dan insulin. Kadar insulin yang tinggi tidak bagus untuk orang yang mudah berjerawat karena bisa mendorong hormon andogen menjadi lebih aktif.

Reaksi ini berujung pada munculnya jerawat dengan membuat sel kulit tumbuh lebih cepat sekaligus meningkatkan produksi sebum.

2. Makanan Manis

Makanan manis yang menggunakan gula tambahan juga bisa menyebabkan jerawat meradang. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko terkena jerawat hingga 30%, sedangkan mereka yang makan pastry dan cake secara reguler memiliki risiko 20% lebih besar.

3. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti keju, es krim dan yogurt bisa menyebabkan jerawat. Dua studi menemukan bahwa remaja yang rutin mengonsumsi susu dan es krim memiliki kemungkinan menderita jerawat empat kali lebih besar.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji ala Barat seperti burger, hot dog, kentang goreng, nugget, soda dan milkshake mengandung banyak kalori, lemak dan karbohidrat olahan.

Jenis makanan ini juga bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat. Sebuah studi yang melibatkan 5.000 remaja di China menemukan bahwa diet seperti ini bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat hingga 43%.

11 Makanan Penyebab Jerawat11 Makanan Penyebab Jerawat Foto: iStock


5. Cokelat

Memakan cokelat juga bisa memperparah jerawat yang ada di muka. Pasalnya cokelat mengandung gula dan susu dalam jumlah tinggi yang merupakan dua penyebab jerawat.

6. Protein Whey

Protein whey mengandung asam amino leucine dan glutamine yang sering dikonsumsi sebagai suplemen. Asam amino ini bisa membuat sel bertumbuh dan memecahkan diri dengan lebih cepat, yang bisa berkontribusi terhadap munculnya jerawat.

Selain itu, asam amino ini juga bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi kadar insulin yang lebih tinggi, yang sebelumnya dituliskan memiliki hubungan dengan munculnya jerawat.

7. Buah Kering

Buah memang menyehatkan, tetapi buah kering justru bisa membuat wajah kalian jerawatan. Pasalnya buah kering mengandung karbohidrat olahan yang seperti dijelaskan sebelumnya bisa menyebabkan jerawat.

8. Makanan Laut

Makanan laut yang dimaksud di sini adalah udang dan lobster. Kedua jenis makanan laut ini mengandung iodine dalam jumlah tinggi yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan jerawat.



9. Jus Buah

Jus botolan, termasuk jus buah cold pressed yang sedang tren, juga bisa memicu munculnya jerawat. Pasalnya jus, terutama yang terbuat dari buah, memiliki kandungan gula yang tinggi tanpa serat.

10. Alkohol

Cocktail alkohol yang berwarna-warni memiliki kandungan gula yang tinggi. Selain itu alkohol juga merupakan diuretik yang bisa membuat kulit dehidrasi.

Jika kulit kalian kering, akan sulit untuk dieksfoliasi dengan benar. Akibatnya pori-pori bisa tersumbat dan berujung pada jerawat.

11. Lemak Trans

Makanan penyebab jerawat lainnya adalah makanan yang mengandung lemak trans. Lemak ini tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit dan bisa ditemukan di berbagai jenis makanan mulai dari kue kering hingga tepung cake instan.

Lemak trans tidak hanya menyumbat pembuluh darah, tapi juga bisa menyumbat pembuluh darah kecil di kulit. Belum lagi lemak jenis ini bisa memicu peradangan yang bisa memperparah serangan jerawat.

Simak Video "Kisah Bule Cantik Kecanduan Tanning, Kulitnya Jadi Hitam Legam"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)