ADVERTISEMENT

Studi Terbaru: Pakai Masker Bikin Wajah Terlihat Lebih Menarik

Hestianingsih - wolipop Selasa, 18 Jan 2022 15:45 WIB
Asian Woman wears a facial mask and she look you Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

Pakai masker medis kini sudah jadi kebiasaan sebagian besar orang dalam dua tahun terakhir. Pandemi COVID-19 mendorong orang-orang untuk selalu memakai masker demi mencegah penularan virus.

Belakangan terungkap kalau memakai masker tidak hanya berfungsi sebagai pencegahan virus Corona, tapi juga meningkatkan daya tarik seseorang. Sebuah studi mengungkapkan fakta unik bahwa orang yang memakai masker terlihat lebih tampan atau cantik ketimbang yang tidak.

Hasil studi itu dirilis Cardiff University, di mana para penelitinya menemukan bahwa pria dan wanita dinilai lebih menarik saat setengah wajah di bagian bawahnya tertutup. Setelah tahu hasilnya, mereka sendiri pun mengaku terkejut.

Pasalnya, ketika dilakukan penelitian yang sama sebelum pandemi, hasil studi menunjukkan memakai masker medis mengurangi daya tarik pemakainya karena sering diasosiasikan dengan penyakit atau orang sakit. Pergeseran persepsi ini pun dinilai cukup unik.

Studi kami menunjukkan wajah seseorang dinilai paling menarik ketika memakai masker medis. Ini terjadi kemungkinan karena kita terbiasa melihat tenaga medis memakai masker warna biru dan di masa sekarang kita cenderung mengasosiasikan orang-orang ini sebagai profesi yang merawat dan menyembuhkan. Di masa ketika kita merasa ringkih, kita mungkin melihat pemakaian masker medis memberi rasa aman dan menimbulkan persepsi positif pada mereka yang mengenakannya," jelas Dr Michael Lewis dari Sekolah Psikologi Cardiff University, seperti dilansir The Guardian.

Studi yang dilakukan pada Februari 2021 itu melibatkan partisipan pria dan wanita. Sebanyak 43 wanita diminta memberi nilai dari skala satu sampai 10 untuk beberapa foto pria dalam empat versi. Versi pertama foto tanpa masker, kedua memakai masker kain polos, ketiga masker medis dan empat wajah pria yang setengahnya tertutup buku berwarna hitam.

Hasilnya, sebagian besar partisipan menilai pria yang pakai masker kain terlihat jauh lebih menarik ketimbang yang tidak pakai masker dan yang wajahnya tertutup buku. Setelah dibandingkan kembali, pria bermasker medis memegang skor daya tarik yang paling tinggi.

"Pandemi telah mengubah sisi psikologi kita tentang bagaimana kita melihat orang yang memakai masker. Ketika melihat seseorang pakai masker, kita tidak lagi berpikir bahwa orang itu punya penyakit sehingga harus dijauhi," tuturnya.

Selain itu alasan lain kenapa masker medis membuat orang lebih menarik, karena fokusnya ada pada mata. Ketika sebagian wajah ditutupi, otak secara otomatis akan mengisi celah tersebut dan memperkuat efeknya secara umum.



Simak Video "Ragam Masker Atlet Olimpiade Tokyo 2020 dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)