Kisah Wanita Tuntut Seorang Dokter yang Membiarkannya Dilahirkan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 25 Nov 2021 16:05 WIB
Evie Toombes Foto: Instagram @evie.toombes
Jakarta -

Seorang wanita bernama Evie Toombes menggugat dokter yang dikunjungi sang ibu sebelum mengandungnya. Atlet tersebut beranggapan dokter tersebut tidak seharusnya membiarkannya dilahirkan ke dunia. Karena lahir dengan kondisi yang tidak sempurna, ia menuntut dokter itu senilai jutaan poundsterling untuk ketidaknyamanan yang dialami selama ini.

Evie Toombes memang lahir dengan gangguan kesehatan. Ia menderita spina bifida, kondisi yang disebabkan tulang belakang dan sumsum tulang belakangnya gagal berkembang di rahim. Karena itu, ada celah di tulang belakang yang membuat wanita tersebut harus memakai tabung sepanjang hari.

Ia pun menyalahkan Dr Mitchell karena membuatnya lahir dengan tubuh yang cacat. Pasalnya Dr Mitchell dianggap gagal meresepkan suplemen yang penting untuk perkembangan janin. Evie menilai jika saja sang dokter memberikan folid acid pada ibunya, Caroline, hal itu bisa meminimalisir risiko spina bifida.

Evie ToombesEvie Toombes Foto: Instagram @evie.toombes

Caroline sendiri dikatakan berkonsultasi tentang rencana kehamilan pada Dr Mitchell pada Febuari 2001. Ketika itu, mereka sempat berdiskusi mengenai folic acid tapi tidak diberitahu mengenai pentingnya suplemen tersebut untuk mencegah spina bifida. Sedangkan sang dokter sendiri menyangkal tuduhan tersebut dan merasa ia sudah memberikan alasan yang masuk akal.

"Dia bilang itu tidak penting, aku diberi tahu jika aku makan dengan baik, aku tidak harus mengonsumsi folic acid," kata Caroline dilansir Dailymail.

Evie ToombesEvie Toombes Foto: Instagram @evie.toombes

Evie merasa dia dilahirkan dengan cara yang salah atau tidak seharusnya dilahirkan dengan kondisi demikian. Ia pun membawa kasus ini ke pengadilan untuk masalah konsepsi dan kelahiran yang salah. Ia merasa kalau bukan karena kelalaian dokter itu, ia mungkin tidak akan lahir dan mengalami kerusakan dan kecacatan.

Pengacara Evie, Susan Rodway QC, mengatakan jika Caroline menunda kehamilannya, kisahnya akan berbeda. Caroline mungkin akan punya anak yang normal dan sehat meski itu artinya Evie mungkin tidak akan hadir di dunia.

Evie Toombes sendiri adalah pemain olahraga palang rintang yang pernah bertemu Pangeran Harry dan Meghan Markle di 2018 ketika memenangkan Young Person Award di acara amal Wellchild. Meski begitu, pergerakannya memang terbatas dan harus mengandalkan kursi roda karena masalah perut dan ginjal. Dalam situsnya, ia juga menulis, 'Aku hidup dengan spina bifida tapi punya minat dalam hidup yang memberiku tujuan dan arah'.

(ami/ami)