Eww, Ed Sheeran Ngaku Pernah Mengalami Masalah Bau Kaki

Hestianingsih - wolipop Jumat, 16 Jul 2021 21:00 WIB
IPSWICH, ENGLAND - APRIL 21:  Musician Ed Sheeran and fiance Cherry Seaborn look on during the Sky Bet Championship match between Ipswich Town and Aston Villa at Portman Road on April 21, 2018 in Ipswich, England. (Photo by Stephen Pond/Getty Images) Ed Sheeran dan istrinya. Foto: Getty Images/Stephen Pond
Jakarta -

Ed Sheeran pernah mempunyai kebiasaan buruk di awal kariernya sebagai musisi. Pelantun lagu 'Thinking Out Loud' ini mengaku dulu dia mengalami bau kaki.

Pria 30 tahun ini bercerita sempat hidup pas-pasan hingga hanya memiliki dua pasang kaos kaki. Dia memakainya untuk beraktivitas setiap hari dan tidak pernah dicuci.

"Mengenang saat saya baru menulis lagu dengan saya yang sekarang, saya pernah punya dua pasang kaus kaki dan tidak pernah dicuci hanya bergantian memakainya," tuturnya.

Alhasil, kakinya pun jadi bau. Bahkan setiap orang yang bertemu dengannya pasti terganggu dengan bau menyengat yang datang dari kakinya.

"Siapa pun yang mengenal saya di masa-masa tersebut maka satu hal yang mereka semua akan setujui adalah kaki saya yang bau," ungkapnya saat wawancara di sebuah stasiun radio, seperti dilansir Female First.

Bau kaki memang bisa sangat mengganggu, baik bagi penderitanya, maupun orang lain. Penyebab bau kaki bisa bermacam-macam, tapi umumnya karena keringat berlebih sehingga menumpuk dan menghasilkan pertumbuhan bakteri pada kulit.

Pertemuan bakteri dan keringat inilah yang kemudian membuat kaki berbau menyengat. Nah, tidak ingin mengalami bau kaki seperti Ed Sheeran di masa lalu? Ini 10 hal yang perlu kamu lakukan.

cara menghilangkan bau kakicara menghilangkan bau kaki Foto: iStock

1. Cuci kaki dengan menggunakan sabun lalu sikat atau gosok setidaknya sekali dalam sehari. Seperti dikutip dari healthline, waktu terbaik untuk melakukan cara ini adalah saat mandi pagi atau sore hari. Setelah itu keringkan kaki hingga ke sela-sela jari dan terutama jempol kaki di mana bagian tersebut dapat dengan mudah menyebabkan bakteri tumbuh.
2. Potong kuku dengan teratur hingga pendek dan pastikan membersihkannya secara teratur.

3. Bersihkan kulit mati dari kaki kamu. Karena kulit keras menjadi lembek dan basah membuat tempat bakteri menjadi hidup.

4. Ganti kaus kaki setidaknya sekali sehari. Jika kamu habis berkegiatan di luar rumah dan terkena panas atau olahraga harus sering mengganti kaus kaki.

5. Miliki lebih dari satu pasang sepatu untuk ganti ketika sepatu andalam dalam keadaan basah. Hindari menggunakan sepatu yang masih lembab. Pastikan alas kakimu benar-benar kering karena sepatu basah memungkinkan bakteri tumbuh di kaki kamu lebih cepat.

6. Cara mudah menghilangkan bau kaki adalah dengan memilih kaus kaki yang menyerap kelembapan. Pilih kaus kaki yang tebal namun lembut dan terbuat dari serat alami.

7. Hindari sepatu yang kekecilan agar tidak menyebabkan kaki lembab sehingga bakteri mudah tumbuh.

8. Obat bau kaki, kamu bisa menggunakan semprotan kaki anti jamur atau salep obat kaki sekali dalam sehari.

9. Jika perlu mengurangi bau kaki dengan cepat dan aman gunakan semprotan antiperspirant atau deodoran di kaki kamu.

10. Cobalah berbagai jenis sabun anti bakteri yang cocok untuk kaki kamu.

(hst/hst)