7 Cara Mengecilkan Payudara Secara Alami

Lukita Wardhani - wolipop Minggu, 11 Jul 2021 11:00 WIB
olahraga kardio Cara mengecilkan payudara dengan olahraga. Foto: thinkstock
Jakarta -

Memiliki payudara dengan ukuran besar tidak selalu menyenangkan. Mulai dari mendapatkan stigma hingga merasakan sakit punggung dialami oleh mereka yang payudaranya di atas rata-rata. Bagaimana cara mengecilkan payudara?

Payudara terdiri dari jaringan adiposa dan kelenjar dengan reseptor hormon yang melekat. Jaringan adiposa adalah jaringan lemak yang mengisi payudara. Sedangkan jaringan kelenjar atau jaringan payudara bertanggungjawab untuk memproduksi susu. Perubahan hormonal dalam tubuh dapat menyebabkan jaringan ini berkembang dan payudara membesar seiring waktu. Faktor lain juga bisa berpengaruh termasuk kehamilan, kegemukan, pengobatan dan genetika.

Kamu bisa melakukan tujuh cara mengecilkan ukuran payudara secara alami berikut ini:

1. Olahraga



Seperti dikutip dari Healthline, olahraga teratur dapat membantu meluruhkan lemak dada dan memperkuat otot-otot di bawah payudara untuk mengurangi ukurannya. Karena payudara mengandung sebagian lemak, fokus pada kardio dan latihan intensitas tinggi dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat dan menargetkan area bermasalah. Latihan aerobik seperti memanjat tangga, bersepeda, dan berjalan kaki dapat mempercepat metabolisme kamu dan membantu menghilangkan lemak tubuh secara keseluruhan.

Latihan kekuatan seperti push-up juga dapat mengencangkan dada dan mengubah penampilan payudara. Pushup dapat mengencangkan otot dada untuk mengurangi ukuran payudara secara keseluruhan. Namun, latihan kekuatan dan latihan yang ditargetkan saja tidak akan mengurangi ukuran payudara. Tanpa kardio atau latihan seluruh tubuh, beberapa latihan dapat membuat payudara tampak lebih besar. Disarankan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari setidaknya empat kali seminggu.



2. Diet



Cara mengecilkan payudara berikutnya adalah dengan diet. Mengubah pola makan dapat mengoptimalkan penurunan berat badan dan mengecilkan ukuran payudara. Makan lebih banyak kalori daripada membakarnya dapat menyebabkan penumpukan lemak dan membuat payudara semakin besar.

Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan SuperCara mengecilkan payudara, dengan mengubah pola makan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

Dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, dan sayuran serta melakukan olahraga secara rutin dapat membantu kamu mengurangi ukuran payudara lebih cepat.



3. Teh hijau

Cara mengecilkan payudara bisa dengan mengonsumsi teh hijau. Teh hijau adalah obat alami yang terkenal dapat membantu penurunan berat badan. Teh hijau mengandung sejumlah antioksidan dan dapat meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak dan kalori. Penumpukan lemak yang berkurang ini akan membantu mengurangi ukuran payudara kamu. Kamu bisa minum teh hijau sepanjang hari karena dapat meningkatkan energi.



4. Jahe

Mirip dengan teh hijau, jahe dapat membantu merangsang metabolisme dan membakar kelebihan lemak di seluruh tubuh. Meskipun kamu dapat memasukkannya ke dalam makanan sebagai bahan alami, ahli gizi merekomendasikan meminumnya dengan teh sebanyak tiga kali sehari untuk mempercepat metabolisme dan meningkatkan efek penurunan berat badan.



5. Biji rami



Beberapa asam lemak, terutama asam lemak omega-3 memang diperlukan untuk fungsi otak, menurunkan tekanan darah, dan mengatur hormon. Selain itu juga penting dalam mengecilkan ukuran payudara karena ketidakseimbangan hormon dapat memicu pertumbuhan.

Biji ramiBiji rami Foto: Thinkstock



Biji rami bersama dengan ikan seperti salmon dan tuna merupakan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Ini dapat membantu mengatur kadar estrogen dan pada akhirnya mengurangi ukuran payudara.



6. Cara Mengecilkan Payudara dengan Putih telur



Cara mengecilkan payudara lainnya adalah dengan memperbaiki warna kulit. Menyusui, penuaan, dan penurunan berat badan dapat menyebabkan payudara kendur seiring waktu. Terkadang, ini bisa membuat payudara tampak lebih besar dari sebenarnya. Kamu bisa mencoba masker putih telur untuk mengembalikan elastisitas kulit payudara.

Caranya kocok dua putih telur sampai membentuk busa, lalu oleskan ke payudara. Biarkan masker selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Saat mulai mengering, kamu mungkin melihat pengencangan alami pada kulit. Namun, ini bersifat sementara karena putih telur mengelupas atau hilang.


7. Menggunakan Pakaian yang Tepat



Jika pengobatan alami tidak berhasil, kamu mungkin dapat mengurangi tampilan payudara dengan mengenakan pakaian yang pas. Berinvestasi dalam bra yang dapat memberikan dukungan dan cakupan payudara. Selain itu, mengenakan warna yang lebih gelap dan perhatikan garis leher kemeja dapat mengalihkan perhatian dari payudara.

Itulah cara mengecilkan payudara secara alami. Jika kamu merasakan gejala tidak nyaman saat mencoba cara-cara alami ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.



Simak Video "Temuan Kepolisian soal Skandal yang Jerat Kris Wu"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)