5 Cara Mengecilkan Payudara yang Mudah dan Aman, Bisa Dicoba di Rumah

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 14 Nov 2020 08:00 WIB
Ilustrasi kanker payudara Ilustrasi Cara Mengecilkan Payudara / Foto: iStock
Jakarta -

Cara mengecilkan payudara ternyata cukup banyak dicari oleh para wanita. Saat beberapa wanita menginginkan ukuran payudara yang lebih besar ternyata sebagian lainnya justru merasa kurang percaya diri dengan ukuran payudaranya yang dinilainya terlalu besar.

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi ukuran payudara. Bisa karena penambahan berat badan, efek obat-obatan, perubahan hormon, atau faktor genetik. Jika saat ini kamu sedang mencari cara untuk mengecilkan payudara maka cara-cara di bawah ini bisa kamu coba. Seperti dikutip dari Medical News Today, berikut ini cara mengecilkan payudara secara alami, aman dan minim efek samping.

Cara Mengecilkan Payudara

1. Diet

Salah satu cara sehat untuk mengecilkan payudara adalah dengan melakukan diet. Payudara sebagian besar terbentuk dari jaringan lemak. Itulah mengapa kehilangan lemak tubuh bisa membantu mengurangi ukuran payudara seseorang. Kamu bisa mencoba mengurangi asupan kalori dalam tubuh dengan menjalankan diet rendah kalori. Pilihlah makanan-makanan padat nutrisi dengan kalori rendah, seperti buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, dan daging tanpa lemak. Dengan demikian kamu bisa menurunkan berat badanmu dengan tetap sehat.

2. Berolahraga

Sama halnya dengan melakukan diet, rutin berolahraga juga dapat membantu mengurangi berat badan dan ukuran payudaramu. Walaupun beberapa gerakan olahraga seperti push-up dan latihan dada lainnya dapat membantu mengencangkan otot dada dan lengan, tetapi olahraga tersebut tidak akan berdampak signifikan bagi payudaramu. Kunci untuk mengecilkan payudara adalah dengan membakar lemak di seluruh tubuh. Kamu bisa mencoba olahraga kardiovaskular yang dipercaya efektif dalam membakar lemak.

3. Menurunkan Kadar Esterogen Tubuh

Beberapa obat-obatan bisa meningkatkan kadar esterogen tubuh dan mengakibatkan ukuran payudara menjadi lebih besar, seperti, kontrasepsi hormonal atau pil kb. Namun setelah obat tersebut berhenti dikonsumsi bisanya efeknya itu akan hilang. Tak hanya itu saja, kadar esterogen tubuh juga bisa diturunkan dengan cara mengubah pola makan. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa suplemen biji rami dapat membantu mengatur kadar esterogen. Selain itu biji rami juga dipercaya dapat melindungi jantung, mengurangi risiko kanker, dan mencegah peradangan.

4. Menggunakan Binder atau Pengikat

Cara cepat untuk membuat payudaramu terlihat lebih kecil adalah dengan menggunakan pembungkus bahan erat di sekitar payudara untuk meratakannya. Namun cara ini tidak akan mengecilkan jaringan payudara atau mencegahnya bertumbuh. Cara yang satu ini hanya akan memberikan efek sementara untuk membantu payudaramu terlihat lebih kecil. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan cara teraman menggunakan binder.

5. Mengganti Bra

Cara mengecilkan payudara yang terakhir adalah dengan mengganti bra. Walaupun bra memang tidak akan mengubah ukuran payudaramu secara permanen, tetapi menggunakan bra yang tepat, seperti bra minimizer dapat membuat payudaramu terlihat lebih kecil. Selain dapat membuat payudara terlihat lebih rata, bra minimizer juga dapat mengurangi sakit punggung dan leher.

Demikianlah beberapa cara mengecilkan payudara secara alami yang aman. Semoga bermanfaat!

(vio/vio)