8 Hal yang Mempengaruhi Besar atau Kecilnya Payudara

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 30 Nov 2019 07:15 WIB
ilustrasi ukuran payudara. Foto: Istimewa ilustrasi ukuran payudara. Foto: Istimewa
Jakarta - Wanita melakukan berbagai cara membesarkan payudara. Padahal besar atau kecilnya ukuran payudara wanita dipengaruhi berbagai faktor.

Pertumbuhan optimal dari payudara umumnya terjadi saat wanita mencapai usia 18 - 20 tahun. Sehingga ukuran yang didapatkan pada usia tersebut merupakan ukuran maksimal dari payudaranya. Terkadang ukuran ini bisa berubah saat hamil, menyusui atau mengonsumsi obat estrogen tertentu seperti pil KB.

Seperti dikutip dari Self, daripada sibuk mencari cara membesarkan payudara, ketahui apa saja faktor yang mempengaruhi ukuran payudara seseorang. Berikut ini faktor-faktor tersebut:

1. Keturunan
Faktor keturunan memainkan peranan yang cukup besar dalam menentukan ukuran payudara. Biasanya hal ini ditentukan dari ukuran payudara sang ibu. Tapi tidak semua anak memiliki ukuran payudara yang sama dengan ibunya, karena faktor lain juga turut mempengaruhi.



2. Usia
Payudara adalah organ yang sangat dinamis dari tubuh manusia, ukurannya mengalami perubahan terus menerus sepanjang usia orang tersebut. Jika sejak muda sudah menggunakan bra yang tepat, maka payudara akan tumbuh dengan baik. Namun jika sudah tua, maka ligament cooper (urat yang mempertahankan bentuk payudara) sudah kehilangan kekuatannya. Itulah yang sebabkan payudara menurun dan mengecil.

3. Menstruasi
Ukuran payudara akan sedikit mengalami perubahan selama siklus menstruasi. Perubahan ukuran dari payudara ini biasanya disertai dengan perubahan bentuk puting dan areolanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2