6 Jenis Teh Herbal Bisa Menurunkan Berat Badan Hingga Tambah Imun

Hestianingsih - wolipop Senin, 28 Jun 2021 14:38 WIB
young woman in pajama drinking tea in the morning in bed. Jenis teh herbal dan manfaatnya. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Butuh minuman sehat selama masa pandemi COVID-19, kamu bisa mencoba enam jenis teh herbal yang kaya manfaat ini.

Teh herbal telah digunakan lebih dari ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan jaga kesehatan. Sayangnya, pengobatan modern telah membuat banyak orang melupakan khasiat teh herbal.

Teh herbal yang memiliki beragam jenis juga hadir dengan banyak manfaat. Seperti teh peppermint yang bisa mengatasi sakit kepala. Atau teh hijau untuk mengurangi berat badan.

Berikut enam jenis teh herbal yang bisa menambah imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan:


1. Teh Chamomile

Minum teh chamomile saat merasa gelisah bisa membuat lebih tenang. Selain berguna sebagai anti depresan, teh chamomile juga bermanfaat bagi kamu yang memiliki masalah susah tidur.

Herbal tea with lemon slice on a white wooden table with chamomile plants and cinnamon.Teh Chamomile, teh herbal. Foto: dok. detikFood

Chamomile merupakan obat anti-inflamasi (anti radang) yang sangat kuat, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara diminum, dihirup uapnya atau merendamkan kain yang kemudian diletakan pada area sakit. Chamomile juga berguna mengobati kram menstruasi pada wanita.

2. Teh Peppermint

Jenis teh herbal berikutnya adalah peppermint. Minum secangkir teh peppermint bermanfaat saat merasa perut kamu penuh dengan gas atau kembung.

Teh peppermint juga menjadi obat ideal untuk menghilangkan rasa sakit kepala. Ambil 1-2 sendok teh daun peppermint kering. Tambahkan air panas ke daun, kemudian tutup cangkir dan biarkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, saring ramuan tersebut dan kamu pun bisa menikmati teh peppermint buatan sendiri.

3. Teh Juniper

Juniper (buah sejenis berry) dapat membantu proses detoksifikasi yang tidak hanya mengeluarkan racun tapi juga kelebihan cairan. Hal itu sangat penting bagi wanita, mengingat tubuh cenderung mempertahankan air pada beberapa periode siklus menstruasi.

Selain itu, teh juniper juga dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mencegah peradangan pada kantung kemih. Bahkan sebagian orang juga percaya kalo teh herbal satu ini dapat menyembuhkan flu babi.

4. Teh Hijau

Glass cup with fresh green tea and mint.Teh herbal, teh hijau bisa menurunkan berat badan. Foto: Getty Images/iStockphoto/DevMarya

Sudah banyak orang yang mengenal manfaat teh herbal ini. Teh hijau merupakan sumber anti oksidan paling kuat yang dapat bantu memperbaiki fungsi tubuh. Selain dapat meningkatkan metabolisme, teh hijau juga dapat mengurangi berat badan. Oleh karena itu, tak jarang teh ini dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.

5. Teh Jahe

Teh herbal yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah teh jahe. Jahe dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang.

Minum teh jahe juga bermanfaat saat kamu mengalami mabuk perjalanan. Meminum teh jahe sangat jauh lebih sehat dibandingkan pil penghilang rasa mual yang banyak dijual di pasaran. Teh jahe akan memberi rasa nyaman pada syaraf perut dan membuat kamu lebih berenergi.

6. Teh Lemon Mint

Bagi kamu yang ingin menambah berat badan, sebaiknya meminum teh herbal menyegarkan ini. Berkebalikan dari manfaat teh hijau yang membantu mengurangi berat badan, teh lemon mint yang kaya anti oksidan ini justru bisa meningkatkan nafsu makan.

Itulah enam jenis teh herbal yang bukan hanya menyegarkan tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.



Simak Video "Permintaan Maaf Miss World Malaysia soal Batik"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)