10 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur di Malam Hari

Lukita Wardhani - wolipop Kamis, 17 Jun 2021 08:37 WIB
Manfaat minum susu sebelum tidur. Foto: iStock Manfaat minum susu sebelum tidur. Foto: iStock
Jakarta -

Apakah kamu suka minum susu? Pernahkah mencoba minum susu sebelum tidur? Berikut manfaat minum susu sebelum tidur.

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh. Biasanya anak-anak dalam masa pertumbuhan selalu mengonsumsi susu untuk mendapatkan vitamin dan kalsium. Ibu hamil juga perlu minum susu untuk mendapatkan manfaatnya bagi janin.

Sedangkan pada orang dewasa, memang susu tak harus selalu dikonsumsi, selama asupan makanan kamu sudah memenuhi standar kecukupan gizi. Namun jika memang kamu ingin minum susu dan keinginan itu muncul di malam hari, ternyata ada manfaatnya lho.

Mengutip dari Healthline adapun beberapa manfaat minum susu sebelum tidur bagi orang dewasa yaitu:

1. Membantu Tidur Malam Lebih Cepat dan Nyenyak

Minum susu sebelum tidur merupakan tradisi turun temurun sebagai salah satu cara untuk relaksasi, menghilangkan kecemasan, dan membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak. Sebagian besar ahli setuju bahwa susu memiliki potensi meningkatkan kualitas tidur karena kemungkinan terkait dengan senyawa kimia tertentu atau efek psikologis dari rutinitas waktu tidur yang menenangkan atau bisa saja kombinasi keduanya.

2. Membuat Tulang Lebih Sehat

Susu menyediakan sejumlah besar vitamin D, yang digunakan tubuh memproses kalsium untuk membentuk tulang yang kuat. Oleh karena itu, susu akan membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan memperbarui beberapa kualitas vitamin D yang menurun. Vitamin D juga dapat mengkompensasi prevalensi dan kerusakan yang disebabkan oleh kondisi tertentu seperti osteoporosis, gagal jantung, dan diabetes.



3. Membantu Melindungi Dari Penyakit Kanker



Susu memiliki kandungan kalsium dan vitamin D, tetapi tahukah kamu bahwa kedua nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan tulang dan melindungi kamu dari kanker. Asupan kalsium dikaitkan dengan penurunan kemungkinan kanker usus besar atau kanker dubur karena kapasitasnya untuk melindungi lapisan usus.

Namun, dalam jumlah sedang, kamu dapat mencatat tidak semuanya baik-baik saja, dan terlalu banyak kalsium akan berkontribusi pada kanker prostat. Vitamin D dapat terlibat dalam fase kontrol pertumbuhan sel. Ini akan mengurangi risiko kanker perut, kanker prostat, dan kanker payudara. Meskipun seperti kalsium, beberapa temuan telah menemukan bahwa kadar vitamin D berkorelasi dengan peningkatan risiko kanker pankreas.

4. Mampu Menyediakan Energi



Manfaat minum susu sebelum tidur dapat memberikan energi. Minum susu hangat sebelum tidur di malam hari akan berpengaruh signifikan di keesokan harinya. Kamu akan bangun dengan energi yang diperbaharui. Ini bisa membuatmu memulai hari dengan kuat dan semangat.

5. Membantu Mengurangi Tingkat Stres


Manfaat minum susu hangat sebelum tidur berikutnya adalah membantu mengurangi tingkat stres. Secangkir susu adalah strategi sempurna untuk meredakan ketidaknyamanan hingga waktu tidur. Protein Lactium yang ada dalam susu memiliki dampak menenangkan pada tubuh dengan menurunkan tekanan darah, mengendurkan otot, dan mengurangi kadar kortisol tubuh.


6. Mengontrol Kadar Kolesterol

Minum susu rendah lemak atau tanpa lemak akan mengontrol kadar kolesterol supaya lebih rendah. Protein susu dapat meminimalkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Susu sapi mengandung vitamin A, D, dan kalsium untuk membantu kesehatan jantung.

Apalagi manfaat minum susu sebelum tidur? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2