Buah Asli Indonesia Ini Punya Manfaat Luar Biasa

Khoirul Anam - wolipop Senin, 14 Jun 2021 19:31 WIB
buah kesemek Foto: Istimewa
Jakarta -

Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis punya aneka buah-buahan segar. Segala macam buah bisa tumbuh di negeri yang subur ini.

Buah-buahan menjadi jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi karena kaya akan vitamin dan serat. Buah menjadi salah satu sumber makanan yang mampu membuat tubuh tetap sehat. Di Indonesia, ada berbagai macam buah endemik yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Apa saja ya buah-buah itu?

1. Jambu Mawar

Jambu mawar sering kali disebut dengan nama jambu kraton. Seperti namanya, jambu ini memiliki aroma wangi seperti bunga mawar sehingga buah ini dinamakan jambu mawar. Bentuknya kecil dan warnanya cenderung kuning terang dan segar. Rasanya terdiri dari campuran asam dan manis.

Manfaat jambu mawar untuk kesehatan, antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, memperlancar sistem pencernaan, dan menjaga kesehatan kulit, khususnya jerawat pada wajah.

2. Burahol

Burahol atau kepel merupakan salah satu buah lokal dari Indonesia yang saat ini cukup sulit ditemui. Nama ilmiahnya adalah stelechocarpus burahol. Buah ini menjadi buah identitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Rasanya seperti perpaduan sawo dan apel.

Manfaat dari buah burahol atau kepel yakni sebagai obat asam urat, meredakan radang ginjal, mengatasi bau mulut, hingga mengatasi masalah saluran kemih.

3. Bisbul

Buah bisbul masih memiliki hubungan kekerabatan dengan buah kesemek. Bentuknya bulat dengan kulit luar berwarna merah. Nama lain dari buah ini di antaranya buah lemak, mentega, sembolo, tabang, atau kamagong.

Manfaat dari buah bisbul adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki pencernaan di usus, menjaga sirkulasi darah hingga menjaga kesehatan pernapasan. Selain buahnya, kayu pohon bisbul juga digunakan untuk kerajinan bernilai jual tinggi.

4. Kecapi

Buah kecapi memiliki bentuk bulat agak gepeng dengan ukuran sekitar 5 hingga 6 cm. Warna buahnya kuning kemerahan. Tekstur kulit luarnya seperti kain beludru (berbulu halus). Daging buah cukup tebal dan agak keras, serta rasanya sedikit asam.

Buah asli Indonesia ini mempunyai manfaat cukup banyak, antara lain sebagai obat pereda demam dan nyeri perut, obat manjur untuk sakit cacing gelang, memulihkan pasca melahirkan, meminimalisir peradangan, hingga sebagai obat anti kanker.

5. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh tidak seperti belimbing pada umumnya. Bentuknya lebih kecil dan lonjong dengan warna hijau muda dan agak gelap. Rasanya sangat asam sehingga layak dikonsumsi ketika menjadi campuran hidangan atau masakan.

Rasa asam dari buah ini ternyata memberikan beragam manfaat, seperti mengontrol kadar gula dalam darah, mencegah inflamasi, mencegah penyakit jantung, dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, dan sebagainya.

6. Pisang

Baru-baru ini berita seputar daun pisang membuat dunia maya geger, sebab menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan. Tidak hanya daunnya, buah pisang sebagai salah satu buah asli Indonesia ini juga banyak disukai masyarakat lokal maupun mancanegara karena kaya akan manfaat. Buah pisang mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin, potasium, dan mineral. Jika mengonsumsinya setiap pagi, maka akan menyimpan tenaga dan membantu perut terasa kenyang lebih lama.

Kandungan pektin dalam buah pisang juga membantu tubuh agar dapat mengontrol gula darah dan memperbaiki sistem pencernaan. Namun, harus tetap berhati-hati bagi penderita gerd atau maag yang diharuskan konsumsi pisang dalam jumlah wajar.

7. Kesemek

Buah yang sudah cukup jarang ditemui adalah kesemek. Ciri khas dari buah ini adalah bentuknya yang bulat, berwarna kuning, dan terdapat bagian putih di area kulit luar layaknya bertabur bedak. Rasa buah ini cukup manis dengan tekstur yang lembut.

Meskipun tidak tampak menarik secara visual, kesemek punya banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Manfaat itu, misalnya menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Hal ini dikarenakan adanya zat fluoride cukup besar dalam satu buah kesemek.

Selain jenis-jenis buah di atas, sebenarnya masih banyak buah-buahan lain yang merupakan buah asli Indonesia. Semua buah lokal tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di TaniHub.

TaniHub merupakan tempat belanja sayur dan buah online terbaik yang menjual hasil pertanian langsung dari petani Indonesia. Soal kualitas, dapat dipastikan semua produk yang dijual di TaniHub dijamin segar dan terbaik karena diambil langsung dari petani dan telah lolos quality control yang ketat.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/eny)