Mengenal Tren Diet Pisang, Bisa Menurunkan Berat Badan Dalam 4 Hari

Lukita Wardhani - wolipop Sabtu, 12 Jun 2021 12:12 WIB
Young woman eating banana in kitchen Tren diet pisang yang bisa menurunkan berat badan dalam empat hari. Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance
Jakarta -

Diet pisang kini banyak diperbincangkan karena mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Seperti apa diet pisang?

Diet pisang berasal dari sepasang suami istri di Jepang yaitu Sumiko Watanabe dan Hamachi. Sumiko Watanabe merupakan seorang apoteker dan ahli pengobatan, sedangkan suaminya Hamachi telah lama mempelajari pengobatan dan konseling tradisional Tiongkok di Japan Body Care Academy.

Seperti dikutip dari WebMD, diet pisang ini mendorong kamu untuk mengonsumsi buah dan membuat kamu paham kapan merasa lapar dan kenyang. Aturan diet pisang ini, kamu wajib makan malam sebelum pukul 20.00.

Dan sebenarnya tidak ada aturan makan atau patokan jumlah kalori yang ketat. Namun kamu disarankan untuk berhenti makan ketika sudah merasa kenyang 80% dan jangan makan makanan penutup setelah makan malam.

Saat melakukan diet pisang, kamu direkomendasikan untuk tidur tepat waktu alias tidak terlalu malam. Waktu tidur ini penting diingat karena bisa menekan nafsu makan dan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kuncinya supaya kamu bisa menurunkan berat badan adalah makan lebih sedikit kalori.

banana in bowlDiet pisang Foto: Getty Images/iStockphoto/tycoon751

Aturan Diet Pisang

Seperti dikutip dari firsthealthstation, diet pisang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Aturan diet pisang, hanya dilakukan selama empat hari saja. Dalam empat hari diet pisang, berat badan bisa turun empat pound atau sekitar 2 kg.

Namun diet ini tidak disarankan berkelanjutan. Diet pisang empat hari merupakan diet detoks. Jika diet ini dilakukan dalam waktu jangka panjang, dapat membahayakan tubuh. Dan sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahli gizi sebelum mencoba diet pisang ini.

Cara Melakukan Diet Pisang

Cara melakukan diet pisang, untuk sarapan, kamu makan 3-4 pisang dan minum air suhu ruang (tidak panas atau dingin). Pisang yang dikonsumsi harus dalam kondisi segar, tidak dimasak atau dibekukan. Kamu dapat mengganti buah lain, tetapi hanya satu jenis per sekali makan. Jika kamu masih lapar, tunggu 15 hingga 30 menit dan kamu bisa makan yang lain.

Untuk makan siang dan malam bisa dengan mengonsumsi makanan normal. Namun diet ini merekomendasikan makanan Jepang, terutama nasi untuk makan siang. Camilan hanya boleh dikonsumsi di sore hari. Dan saat melakukan diet pisang, aturannya kamu tidak boleh mengonsumsi produk susu dan es krim. Kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman kemasan.

Perlukah olahraga saat melakukan diet pisang? Olahraga yang disarankan adalah berjalan kaki setiap hari. Namun jika olahraga ini malah membuat kamu stres, sebaiknya cari alternatif olahraga ringan lainnya.

banana isolatedDiet pisang Foto: iStock

Kata Pakar Soal Diet Pisang

Menurut Kepala Gastroenterology dan Hepatology Rumah Sakit Mount Sinai West and Mount Sinai St. Luke, Dr. Michael Smith diet pisang mungkin akan berhasil hanya karena kamu akan makan lebih sedikit. Namun sebenarnya menurut Dr. Smith tidak ada kaitan khusus antara makan pisang di pagi hari dengan penurunan berat badan.

Pada dasarnya yang membuat berat badan turun adalah karena kamu membatasi waktu makan hanya sampai pukul 20.00 saat melakukan diet pisang ini. Dan pola tidur juga bisa membantu kamu. Seperti dijelaskan di atas, saat melakukan diet pisang dianjurkan tidur tidak terlalu larut malam.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur 7 hingga 9 jam semalamam cenderung memiliki berat badan lebih sedikit. Saat lelah, kamu cenderung makan berlebihan dan makan makanan yang tidak sehat.Jangan lupa melakukan olahraga karena itu dapat membantu mengatasi stres dan tidur selain membakar kalori.

Apakah diet pisang ini baik dilakukan? Diet sehat apapun yang mengarah pada penurunan berat badan baik untuk diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Jika kamu mengikuti konsep dalam diet dan mengurangi berapa banyak makanan tidak sehat kamu pasti memiliki kondisi badan yang lebih baik. Diet pisang akan mengajarkan kamu teknik-teknik bagus yang dapat kamu terapkan dalam gaya hidup apa pun. Jika kamu dapat konsisten menjalankan hal tersebut maka peluang kamu menurunkan berat badan jangka panjang akan semakin lebar, selain itu kesehatan juga lebih baik.



Simak Video "Tips Diet ala Rina Gunawan Turunkan BB hingga 30 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)