Merawat Kesehatan Kulit Bayi, Ini Cara Mudahnya

Khoirul Anam - wolipop Kamis, 10 Jun 2021 15:09 WIB
kulit bayi Foto: shutterstock
Jakarta -

Sudah bukan rahasia lagi kalau bayi memiliki kulit lebih sensitif dan lembut. Kondisi tersebut membuat kulitnya lebih rentan timbul kemerahan, mudah kering, mengelupas, iritasi, hingga biang keringat dan gatal.

Apalagi area kulit yang tertutup popok. Karena area tersebut sering lembap, pantat bayi pun rentan mengalami ruam popok.

Supaya terhindar dari keadaan tersebut dibutuhkan perawatan yang tepat. Walaupun perawatannya terlihat sederhana, kulit bayi tetap membutuhkan perhatian khusus. Sebab bila kurang hati-hati dan dilakukan sembarangan justru menimbulkan masalah baru pada kulit si kecil.

Salah satu caranya bisa dengan menjaga kebersihan. Namun, bisa juga menggunakan salep berbahan aman seperti produk Bepanthen. Salep popok bayi keluaran Bayer ini dapat melembapkan, melindungi sekaligus merawat kulit bayi sehingga terhindar dari ruam popok. Nah, supaya kulit buah hati selalu sehat, masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Ganti Popok Secara Rutin

Pemakaian popok sering menjadi penyebab timbulnya ruam popok dan iritasi. Untuk mencegah permasalahan ini pastikan mengganti popok secara rutin.

Popok yang penuh atau lama dipakai bisa memicu timbulnya jamur dan bakteri karena kulit bayi terlalu lama bersentuhan dengan popok yang sudah dalam kondisi kotor. Sebelum popok overload, segera ganti dengan yang baru.

Salep Bepanthen yang mengandung lanolin, sweet almond oil, dan paraffinum liquidum juga dapat digunakan. Oleskan dua kali sehari secara merata di area selangkangan dan lipatan paha. Salep ini akan memberi lapisan pori yang bisa melindungi dari gesekan karena pemakaian popok bayi.

Selektif dalam Memilih Produk Perawatan Bayi

Tidak semua produk perawatan bayi akan cocok digunakan. Sebisa mungkin gunakan produk perawatan yang terbuat dari bahan alami yang aman, tidak mengandung bahan pewangi, tidak mengandung banyak bahan kimia berbahaya, tidak ada kandungan alkohol dan pewarna. Jika sudah mulai timbul kemerahan, gatal, dan gejala alergi lainnya, segera ganti dengan produk lain yang lebih cocok untuk si kecil.

Kenakan Pakaian yang Mudah Menyerap Keringat

Selain pemakaian popok, kualitas bahan dari pakaian yang digunakan juga berpengaruh pada kesehatan kulit bayi. Pilih pakaian dari bahan katun karena lebih mudah menyerap keringat, adem, dan lebih nyaman dipakai. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat sebab membuat bayi lebih mudah berkeringat. Pemilihan bahan pakaian yang tepat juga bisa membantu mencegah timbulnya eksim kulit. Saat mencuci pakaian bayi, disarankan menggunakan detergen khusus bayi demi meminimalisir.

Jangan Memandikan Bayi Terlalu Sering

Memandikan bayi umumnya menjadi rutinitas yang menyenangkan baik buat ibu maupun bayi. Namun untuk bayi yang baru lahir, lebih disarankan untuk tidak memandikannya setiap hari. Sebab bayi justru rentan terkena bakteri dan kehilangan minyak alami yang ada pada kulit. Minyak alami ini bermanfaat sebagai pelindung kulit dari bakteri. Jadi cukup memandikan bayi yang berusia di bawah 1 bulan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit.

Manjakan dengan Sinar Matahari Pagi

Rutin membawa bayi menikmati sinar matahari dengan mengajaknya jalan-jalan menggunakan stroller (sebelum pukul sembilan pagi) juga bisa dilakukan. Sinar matahari bisa membantu membuat kulit bayi lebih sehat. Namun pastikan buah hati tetap menggunakan penutup mata agar tidak kontak langsung dengan matahari.

Jadi, bukan hanya kulit orang dewasa yang butuh dirawat, kulit bayi pun sangat butuh perhatian. Salah satunya menggunakan produk yang tepat dan aman. Dibutuhkan ketelatenan dalam merawat kulit bayi. Dengan beberapa cara di atas dan pemakaian salep popok bayi Bepanthen dapat membantu meminimalkan terjadinya masalah kulit bayi, seperti ruam popok.

(ads/ads)