Riset: Cara Mencegah Penyakit Jantung Bisa dengan Makan Kacang

Hestianingsih - wolipop Rabu, 26 Mei 2021 13:30 WIB
Doctor with stethoscope and red heart shape in hands on hospital background Cara mencegah penyakit jantung. Foto: Getty Images/iStockphoto/ipopba
Jakarta -

Pada masa sekarang ini kesehatan jantung menjadi perhatian. Apalagi kini semakin banyak orang usia muda menderita penyakit jantung. Bagaimana cara mencegah penyakit jantung?

Menurut penelitian, ada cara mudah agar terhindar dari penyakit jantung, yaitu dengan mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari. Para ilmuwan telah menemukan untuk pertama kalinya, bahwa terdapat hubungan antara tingginya tingkat serotonin akibat kebiasaan makan kacang dengan sindrom metabolime (MetS). Gejala sindrom metabolime (MetS) antara lain memiliki kelebihan lemak perut, gula darah tinggi atau tekanan darah tinggi.

Sedangkan, serotonin adalah zat yang bantu mengirimkan sinyal pada saraf yang dapat mengurangi perasaan lapar, membuat orang bahagia dan meningkatkan kesehatan jantung. Seperti dikutip dari Times of India, berdasarkan laporan yang diterbitkan dalam Jurnal Riset Proteome, gejala MetS akan meningkatkan risiko penyakit Diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

kacang almondMakan kacang almond bisa mencegah penyakit jantung. Foto: iStock

Penelitian yang dilakukan tim pimpinan Cristina Andres-Lacueva serta rekan dari Universitas Rovira i Virgili menjelaskan peningkatan obesitas di seluruh dunia membuat semakin banyak orang yang menderita sindroma MetS. Dalam penelitiannya, para ilmuwan meminta 22 pasien MetS untuk melakukan diet kacang selama dua minggu. Kemudian, ilmuwan membandingkannya dengan kelompok lain yang tidak mengonsumsi kacang-kacangan.

Para ilmuwan kemudian menganalisa kandungan urine pasien dan menemukan banyaknya keuntungan menyehatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi kacang mengalami peningkatan kadar serotonin dibanding yang tak memakan kacang sama sekali.

Adanya penelitian ini menjadi bukti pertama bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dapat mengurangi kadar zat dalam tubuh yang berhubungan dengan peradangan serta risiko kardiovaskular. Kacang-kacangan yang sebaiknya dikonsumsi tidak digoreng agar lebih sehat. Jenis kacang yang baik untuk jadi camilan untuk mencegah penyakit jantung di antaranya kacang tanah, almond, dan hazelnut.



Simak Video "Kemesraan Kylie Jenner dan Travis Scott di Hari Ayah"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)