Tanda Masa Subur Wanita, Ini Cara mengetahuinya

Tim Haibunda - wolipop Jumat, 01 Jan 2021 17:45 WIB
Negative pregnancy test with circling date in calendar. Planning of pregnancy, trying to have baby. Top view. Tanda masa subur wanita. Foto: iStock
Jakarta -

Tanda masa subur wanita seperti apa? Wanita yang sedang dalam masa suburnya bisa diketahui melalui ciri-ciri perubahan fisik dan lainnya. Salah satu ciri tersebut adalah munculnya rasa nyeri pada payudara.

Sebelum membahas lebih jauh soal tanda masa subur wanita, apakah kamu sudah tahu apa arti masa subur itu sendiri? Masa subur adalah sebuah fase di mana sel telur yang telah matang siap dibuahi. Sehingga saat wanita dan pasangannya melakukan hubungan seksual ada kemungkinan terjadi kehamilan.

Siklus menstruasi merupakan cara termudah untuk mengetahui tanda masa subur. Kebanyakan wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari, yang merupakan siklus teratur menstruasi.

Menurut dr. Irfan Rahmatullah, Sp.OG, pada prinsipnya yang dimaksud dengan masa subur adalah waktu ketika seorang wanita melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Kemudian, sperma dan sel telur bertemu, sehingga terjadi konsepsi atau kehamilan.

"Kalau siklus haid wanita normal yaitu 28 hari, masa subur mulai terjadi 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Jadi, kalau memiliki siklus haid 28 hari, masa subur dimulai dari hari ke-14 sampai empat hari ke depannya," kata Irfan dikutip dari buku berjudul 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harap.

Jadi, masa subur pada siklus teratur terjadi pada hari ke-14. Artinya di hari ke-14, ini dapat dimanfaatkan untuk berhubungan seksual agar terjadi konsepsi dan cepat hamil. Namun, tidak sedikit juga beberapa wanita yang ingin mengetahui masa subur untuk menunda kehamilan.

Tanda Masa Subur Wanita

Siklus menstruasi merupakan ciri umum terjadinya masa subur pada wanita. Mengutip Medical News Today, variasi siklus menstruasi biasanya terjadi pada fase folikuler yang terjadi sebelum ovulasi. Sementara fase luteal, yang terjadi dari ovulasi ke periode berikutnya, biasanya berlangsung selama 14 hari.

Ketika terjadi ovulasi, sel telur dilepaskan dari ovarium dan bertahan hingga 24 jam atau lebih sebelum tidak bisa lagi dibuahi oleh sperma. Waktu yang singkat ini dapat dianggap sebagai masa ovulasi.

"Setelah sel telur matang dilepaskan dari permukaan ovarium, berpotensi untuk dibuahi selama 24 jam," kata Patricia Pollio, MD, direktur OB-GYN di Rumah Sakit Good Samaritan di Suffern, New York, dikutip dari laman The Bump.

Selain itu, mengetahui masa subur juga dapat dirasakan dalam beberapa kondisi tertentu. biasanya menjelang ovulasi, gejala atau tanda masa subur tersebut akan muncul.

Apa saja tanda masa subur wanita? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.



Simak Video "Kisah Nabi Muhammad-Islampedia Siap Temani Harimu di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)