4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Mual di Pagi Hari

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 26 Des 2020 20:02 WIB
ilustrasi morning sickness Ilustrasi wanita mual. Foto: iStock
Jakarta -

Mual membuat perut terasa tidak nyaman dan aktivitas terganggnu. Penyebab mual bisa karena berbagai faktor, mulai dari hamil hingga gangguan pencernaan.

Mengonsumsi obat antimual bisa saja dilakukan untuk mengatasi mual yang tak tertahankan. Tapi obat buatan pabrik selalu punya efek samping yang bisa mengganggu kesehatan.

Untuk menghilangkan mual ringan khususnya di pagi hari, kamu bisa mencoba bahan-bahan alami yang ada di dapur. Berikut ini empat bahan alami untuk menghilangkan mual seperti dikutip dari Cnnindonesia.com.

1. Jahe untuk Menghilangkan Mual

Racikan Jahe dan MaduIlustrasi jahe. Foto: iStock

Jahe adalah rempah alami yang populer untuk mengatasi mual. para ahli percaya bahwa senyawa dalam jahe dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan obat anti mual. Misalnya, mengonsumsi jahe dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi mual selama kehamilan.

Jahe bisa juga efektif untuk mengurangi rasa mual yang biasa dialami orang setelah perawatan kemoterapi atau operasi. Beberapa penelitian bahkan melaporkan jahe sama efektifnya dengan beberapa obat resep, dengan lebih sedikit efek samping negatif.

Penggunaan jahe aman bagi kebanyakan orang. Namun, kamu mungkin perlu membatasi asupan jahe jika rentan terhadap tekanan darah rendah atau gula darah rendah, atau jika mengonsumsi pengencer darah.

2. Aromaterapi Peppermint

Green fresh mint om the wooden table, selective focusDaun peppermint. Foto: Thinkstock

Aromaterapi peppermint adalah alternatif lain yang cenderung membantu mengurangi mual. Satu studi menilai efeknya pada wanita yang baru saja melahirkan dengan operasi caesar.

Mereka yang terpapar bau peppermint menilai tingkat mual mereka secara signifikan lebih rendah daripada mereka yang diberi obat anti mual atau plasebo. Dalam penelitian lain, aromaterapi peppermint efektif mengurangi mual pada 57 persen kasus orang yang mengalami mual.

3. Lemon yang Diiris

Racikan Teh Lemon dan Kayu Manis Cocok untuk Penderita DiabetesIlustrasi lemon. Foto: iStock

Aroma jeruk, seperti dari lemon yang baru diiris, dapat membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

Dalam sebuah penelitian, sekelompok 100 wanita hamil diminta untuk menghirup minyak esensial lemon atau almond segera setelah mereka merasa mual.

Pada akhir studi 4 hari, mereka yang berada dalam kelompok lemon menilai mual mereka hingga 9 persen lebih rendah daripada mereka yang diberi plasebo minyak almond.

Mengiris lemon atau hanya memarut kulitnya dapat bekerja dengan cara yang sama karena membantu melepaskan minyak esensial ke udara. Sebotol minyak esensial lemon bisa menjadi alternatif praktis untuk digunakan saat Anda jauh dari rumah. Irisan lemon disebut jadi cara menghilangkan mual secara alami yang manjur.

4. Makan Makanan Hambar dengan Porsi Sedikit

ilustrasi dietIlustrasi wanita makan. Foto: iStock

Makan terlalu banyak bisa menyebabkan mual. Hal itu terjadi karena karena makan terlalu banyak akan meregangkan perut, mengakibatkan kembung, mulas, dan gerakan pencernaan yang berlebihan - yang semuanya bisa menyebabkan mual.

Mengutip Insider, makan dalam porsi kecil, sering, dan mengonsumsi makanan hambar tanpa rasa yang kuat dapat menjadi cara menghilangkan mual secara alami. Sebab makanan hambar mudah dicerna dan bisa membantu menenangkan perut.

(hst/hst)