Perkembangan Janin dalam Rahim Menurut Islam Berdasar Al Quran

Puti Yasmin - wolipop Minggu, 06 Des 2020 21:01 WIB
3D Ultrasound image Foto: iStock/Perkembangan Janin dalam Rahim Menurut Islam Berdasar Al Quran
Jakarta -

Perkembangan janin dalam rahim menurut Islam disebutkan dalam Al Quran. Ada tiga masa kehamilan menurut Islam. Apa saja?

Secara biologis, perkembangan janin terjadi setelah pembuahan. Biasanya, kehamilan terjadi sekitar dua minggu setelah menstruasi terakhir dimulai.

Menurut dokter kandungan di Magee Womens Hospital dari University of Pittsburgh Medical Center, Dr Draion Burch, kehamilan merupakan rangkaian proses panjang dari pembuahan hingga melahirkan.

Adapun, usia kehamilan rata-rata berlangsung selama 40 minggu. Dalam tahapan waktu tersebut, terdapat tiga fase perkembangan janin, yakni fase germinal (zigot), embrio, hingga janin.

Perkembangan zigot dimulai saat sperma dan sel telur bersatu di salah satu dari dua saluran tuba. Sel telur yang berhasil dibuahi disebut sebagai zigot.

Setelah itu, zigot akan membelah diri dan berkembang menjadi sel yang membentuk embrio. Pada tahapan ini, semua organ mengalami perkembangan seperti struktur dasar otak, sistem saraf, kecuali organ intim.

Terakhir, embrio memasuki tahapan berikutnya yang disebut sebagai janin. Pada periode ini, janin mengalami perkembangan pesat di bagian otak. Biasanya, perkembangan terjadi pada minggu kesembilan hingga persalinan.


Perkembangan janin dalam rahim menurut Islam salah satunya disebutkan dalam Al Quran surat Al Mu'minun ayat 12-14

Arab:

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنْ سُلٰلَةٍ مِّنْ طِيْنٍ ۚ ثُمَّ جَعَلْنٰهُ نُطْفَةً فِيْ قَرَارٍ مَّكِيْنٍ ۖ ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظٰمًا فَكَسَوْنَا الْعِظٰمَ لَحْمًا ثُمَّ اَنْشَأْنٰهُ خَلْقًا اٰخَرَۗ فَتَبَارَكَ اللّٰهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَۗ

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian kami jadikan air mani itu segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci Allah Pencipta Yang Paling Baik.


Nah, bagaimana perkembangan janin dalam rahim menurut Islam seperti disebutkan dalam Al Quran?


KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA



Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)