Vagina Sakit dan 4 Hal Lain yang Bisa Terjadi Setelah Melahirkan

Annisa Karneysia - wolipop Selasa, 17 Nov 2020 16:15 WIB
Titi Rajo Bintang Melahirkan Ilustrasi ibu setelah melahikan. Foto: Getty Images/isayildiz
Jakarta -

Para ibu yang baru saja melahirkan kerap merasa khawatir saat merasakan vagina sakit setelah persalinan. Apakah vagina sakit setelah melahirkan ini normal?

Ada beberapa hal normal yang bisa terjadi pascawanita melahirkan. Hal-hal normal ini perlu diketahui agar wanita bisa mengetahui apakah masalah yang mereka alami perlu penanganan medis atau tidak.

Berikut lima hal yang bisa terjadi setelah wanita melahirkan:

1. Perdarahan

Ibu yang baru melahirkan umumnya mengalami perdarahan dan keputihan (lokia). Keputihan setelah melahirkan ini biasanya berbau tak sedap, seperti cairan menstruasi berwarna merah tua.

Setelah hari ketiga, warna keputihan menjadi lebih terang dan konsisten. Dalam dua minggu, berubah menjadi warna kekuningan dan berhenti dalam empat hingga enam minggu.

"Dalam kondisi ini, jangan gunakan tampon tapi pembalut. Tidak boleh ada yang masuk ke vagina selama enam minggu setelah melahirkan," kata subspesialis kesehatan wanita di Cleveland Clinic, Katie Propst.

Jika cairan terus bertambah setelah tiga hari dan pendarahan terus meningkat, sebaiknya segera ke dokter.

2. Kram

Selama hamil, rahim ibu akan membesar. Kram biasanya terasa saat rahim perlahan kembali ke ukuran normal. Kondisi ini umumnya berlangsung selama enam minggu.

Kram adalah tanda bahwa rahim sedang bekerja untuk menghentikan pendarahan dari tempat plasenta menempel. Kram bisa terjadi sangat intens, terutama saat ibu sedang menyusui.

"Kondisi ini akan mereda dalam lima menit. Jika kondisi semakin memburuk, coba kompres hangat perut atau berendam di air hangat. Namun, jika rasa sakit terus berlanjut, segera temui dokter obgyn," ujar Propst, dilansir Very Well Family.

3. Sembelit

Setelah melahirkan, para wanita mungkin kesulitan buang air besar atau mengalami sembelit. Kondisi ini mungkin terjadi selama beberapa hari.

Jika sembelit tak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan pengobatan.

Pengobatan seperti apa yang direkomendasikan dokter dan apa hal yang normal terjadi lainnya setelah melahirkan? Baca di sini.



Simak Video "Ini Nama Anak Pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)