Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh Menurut Ahlinya

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 20 Feb 2020 17:15 WIB
ilustrasi gigi sensitif Ilustrasi sakit gigi. Foto: thinkstock
Jakarta -

Sakit gigi tentu membuat tak nyaman. Bukan saja menyebabkan kesulitan untuk mengonsumsi makanan, sakit gigi juga bisa menyebabkan keluhan lain seperti sakit kepala hingga tak bisa beraktivitas.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit gigi. Berikut cara mengobati sakit gigi menurut dokter gigi Oktri Manessa.

1. Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Pengobatan di Rumah

Salah satu langkah awal untuk mengobati sakit gigi yakni dengan tindakan di rumah. Hanya saja cara mengobati sakit gigi dengan pengobatan di rumah ini hanya bersifat sementara. Dokter Gigi Oktri Manessa pun mengungkapkan bahwa mengonsumsi analgesik jadi salah satu cara mengobati sakit gigi.

"Bisa saja pertolongan pertama misalnya minum analgesik yaitu hanya untuk pereda rasa nyeri. Tapi, balik lagi yang namanya obat itu sifatnya hanya meredakan sementara bukan menghilangkan penyebab dari sakit tersebut sehingga ketika nanti efek obatnya sudah hilang otomatis sakitnya akan timbul lag," ujar drg. Oktri Manessa saat ditemui di acara Dentis Talk 40th Cobra Dental di Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020)

Ilustrasi cara mengobati sakit gigiIlustrasi cara mengobati sakit gigi Foto: ilustrasi/thinkstock



2. Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Air Garam

Beberapa teori menyebutkan bahwa berkumur-kumur dengan air garam bisa mengobati sakit gigi. Tapi lagi-lagi cara mengobati sakit gigi dengan berkumur air garam juga hanya bersifat sementara.

"Sebenarnya ada beberapa teori yang mengatakan seperti itu, tapi balik lagi, bagaimana pun itu hanya meredakan sementara. Saat itu hilang tapi nanti entah satu jam kemudian atau besok atau beberapa hari kemudian pasti akan terulang lagi. Jadi memang pastikan pengobatan yang dilakukan itu bukan hanya pengobatan sendiri di rumah atau banyak masyarakat yang ke alternatif itu sangat nggak kita suggest karena pengobatan terbaik langsung di dokter giginya," kata Oktri.



3. Kunjungi Dokter Gigi

Setelah melakukan tindakan awal dengan pengobatan di rumah, cara mengobati sakit gigi selanjutnya adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Langkah ini dimaksudkan agar sakit gigi yang dialami tidak berlanjut.

"Jadi pertolongan pertamanya minum analgesik lalu segera buat jadwal ke dokter gigi, karena bagaimanapun kalau giginya yang nggak diobati itu sampai kapan penyakitnya akan hilang timbul hilang timbul lagi, mau kita minum obat sebanyak apapun, mau kita pakai ramuan-ramuan yang kadang suka aneh-aneh itu nggak akan mampu bisa menghilangkan penyebab dari sakit giginya," terang dokter gigi yang juga merupkan founder klinik OMDC.



Simak Video "Tips Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/hst)
dRooftalk
×
Corona Meluas, Pilkada Tetap Digas
Corona Meluas, Pilkada Tetap Digas Selengkapnya