Dibesarkan Sebagai Pria, Remaja Ini Terkejut Saat Tahu Dirinya Bisa Hamil

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 18 Nov 2020 13:00 WIB
mikey chanel Foto: Instagram @mikeychanel
Jakarta -

Remaja bernama Mikey Chanel sebelumnya hanya mengetahui dirinya seorang pria. Sejak kecil, ia dibesarkan sebagai laki-laki dan memiliki alat kelamin laki-laki. Namun semuanya berubah ketika Mikey memeriksakan diri ke dokter. Ternyata remaja tersebut punya rahim dan tuba falopi selayaknya wanita. Beberapa waktu lalu ia pun dinyatakan sedang hamil.

Cerita mengenai kehamilan Mikey Chanel pertama kali jadi viral ketika ia mengungkapnya melalui video TikTok. Dalam postingan tersebut, remaja 18 tahun itu menulis 'Aku hamil setelah dilahirkan sebagai pria'.

Remaja asal Amerika Serikat itu bercerita bahwa ia sudah merasa berbeda sejak kecil dari teman-teman prianya. Saat lahir pun Mikey mengejutkan keluarganya karena terlahir dengan alat kelamin pria padahal sebelumnya diprediksi sebaliknya. Karena itu, keluarganya selama ini membesarkan Mikey sebagai lelaki meski ia merasa dirinya perempuan.

[Gambas:Instagram]



"Sudah jelas di mata semua orang bahwa aku berbeda sejak awal. Di usia lima tahun aku suka bermain dengan tas tanteku dan memakai lipstik ibu. Aku tidak pernah merasa aku laki-laki. Aku berlagak seperti wanita dan tidak pernah mengalami pubertas pria. Aku hanya punya sedikit bulu di wajah. Aku selalu punya tubuh feminin dengan pinggang dan bokong," jelasnya.

Mikey Chanel pun sempat terpikir untuk menjadi transgender. Sampai suatu hari, ia merasa aneh dengan tubuhnya setelah buang air dan berhubungan seks. Ketika memeriksakannya dengan ultrasound, ternyata Mikey punya leher rahim, rahim, dan tuba falopi yang berarti dia bisa hamil.

"Aku berpikir itu bercanda. Aku bahkan tidak pernah tahu ini mungkin terjadi. AKu seperti 'haha di mana kameranya?' Mereka bahkan menunjukkan rahimku di layar," kata remaja yang ternyata didiagnosa mengidap kondisi langka Persistent Mullerian Duct Syndrome (PMDS) yakni orang dengan kelamin pria di luar dan organ reproduksi wanita di dalam.

[Gambas:Instagram]



"Kelamin priaku menjadi tidak subur tapi dibilang bahwa rahimku berfungsi. Aku sangat syok selama beberapa minggu lalu aku sadar aku tidak akan bisa punya anak kecuali aku mengandungnya sendiri. Aku selalu ingin jadi orangtua. Aku dulu bermain dengan boneka bayi saat kecil dan selalu berpikir tentang anak di masa depan, jadi aku memutuskan sekarang atau tidak selamanya aku harus mencoba hamil," ungkapnya.

Mikey pun melakukan prosedur bernama ZIFT untuk bisa hamil dengan kemungkinan berhasil 20%. Program itu sukses dan kini Mikey sedang mengandung. Mikey yang sekarang merasa seperti wanita seutuhnya pun ingin mengedukasi orang-orang mengenai kondisi ini.

"Aku merasa seharusnya ada lebih banyak riset. Aku hanya mencoba mengedukasi orang mengenai itu. Ketika orang mengerti ini bisa memecahkan stigma mengenai gender dalam komunitas LGBT," ujar Mikey.

(ami/ami)