Lucid Dream atau Mimpi Sadar, Apa Itu? Ini Definisi dan Penyebabnya

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 11 Nov 2020 05:30 WIB
Cropped shot of an attractive young woman wearing a sleep mask while lying in bed Ilustrasi Orang Tidur / Foto: iStock
Jakarta -

Lucid dream adalah sebuah mimpi dimana orang tersebut menyadari jika dirinya sedang bermimpi. Salah satu beauty vlogger, Paola Tambunan mengaku bahwa dirinya kerap kali mengalami mimpi tersebut. Melalui virtual press coference ESQA x Paola Serena pada Selasa (10/11/20), wanita 30 tahun itu membagikan sedikit kisahnya tentang pengalaman lucid dream yang dialaminya.

"Aku sering lucid dream. Memang dari kecil udah sering mengalami itu," jelas Paola.

Paola TambunanPaola Tambunan Foto: Instagram/@paolatambunann

Paola menjelaskan bahwa seringkali dalam lucid dream itu dirinya bisa melihat banyak warna di atas kepala orang lain. Warna-warna yang sering dilihatnya itu mirip dengan warna aurora. Biasanya dia sendiri sudah tahu jika akan mengalami lucid dream sebelumnya.

Jadi Apa Sebenarnya Arti Lucid Dream?

Seperti dikutip dari Healthline, lucid dream adalah suatu keadaan di mana seseorang sadar jika dirinya sedang bermimpi. Orang tersebut mampu untuk menyadari emosi dan pemikiran yang ada di dalam mimpi tersebut. Terkadang tak sedikit orang yang mengalami lucid dream juga bisa mengontrol sendiri apa yang terjadi dalam mimpinya itu. Seperti bisa mengubah orang, lingkungan, atau alur cerita.

Tidur memiliki 4 tahapan, yaitu tidur ayam, mulai tertidur, tidur nyenyak dan tider REM. Lucid dream umumnya terjadi pada tahap tidur REM (Rapid Eye Movement atau gerakan mata cepat). Dalam tahap tidur REM ini otak akan berada dalam fase yang sangat aktif. Selain itu, detak jantung dan gerakan mata juga meningkat. Lucid dream sendiri bisa terjadi secara spontan maupun secara latihan.

Menurut Psychology Today, lucid dream bisa dibuat dengan cara bersikap lebih perhatian dan fokus pada detail yang terjadi di dalam mimpi. Karena jika kamu melihat sesuatu yang janggal atau tidak mungkin terjadi di dunia nyata, maka kamu akan menyadari jika itu adalah mimpi.

Risiko dan Keuntungan Lucid Dream

Lucid dream sendiri ternyata juga memiliki risiko serta keuntungannya sendiri. Sebenarnya lucid dream cukup aman, hanya saja bagi beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan mental bisa memberikan beberapa risiko. Beberapa risiko tersebubt diantaranya kesulitan tidur, depresi dan kegelisahan, derealisasi, serta disosiatif.

Disamping itu, lucid dream juga memiliki sejumlah manfaat positif bagi tubuh dan kesehatan. Berikut ini keuntungan dari mengalami lucid dream:

1. Mengurangi mimpi buruk,
2. Meredakan kecemasan,
3. Meningkatkan keterampilan motorik, dan
4. Meningkatkan kreativitas.

Lucid dream sendiri biasanya lebih jelas, sehingga dapat memudahkanmu untuk mengingat peristiwa dan detail dalam mimpi. Untuk mengartikan mimpi-mimpi lucid dream yang kamu alami, kamu bisa menuliskannya di dalam sebuah jurnal. Dengan demikian kamu akan lebih mudah menemukan hubungan dari mimpi-mimpimu itu dengan kehidupan sehari-hari.

(vio/vio)