14 Manfaat Bunga Lawang Bagi Kesehatan, Bisa Tangkal Virus

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 30 Okt 2020 11:49 WIB
Manfaat bunga lawang. Foto: Getty Images/iStockphoto/sivarock Manfaat bunga lawang. Foto: Getty Images/iStockphoto/sivarock
Jakarta -

Manfaat bunga lawang atau biasa dikenal dengan nama Pecka sudah dikenal sejak zaman dahulu. Bunga lawang merupakan salah satu bunga rempah yang berasal dari Vietnam. Bunga ini berbentuk seperti bintang yang terdiri dari delapan bagian.

Tiap bagian bunga lawang berisi biji kecil berwarna coklat sama seperti bunganya. Bunga lawang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk sebagai penangkal virus.

Manfaat Bunga Lawang

1. Pencegahan Virus

Bunga awang mengandung asam shikimic, salah satu senyawa dengan kemampuan antivirus yang kuat. Senyawa ini merupakan bahan aktif terpenting dalam sejumlah obat flu. Manfaat bunga lawang sebagai pencegah virus telah terbukti dan digunakan secara farmakologis.

Star Anise (Illicium Verum). It contains a powerful ingredient that is used in Flu vaccines. It is also native to Vietnam and China.Manfaat bunga lawang untuk kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/sivarock

2. Anti Jamur dan Anti Bakteri

Manfaat bunga lawang berikutnya adalah sebagai antijamur dan antibakteri. Menurut Korean Journal of Medical, ekstrak tumbuhan tunggal ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Bunga lawang mampu mengendalikan jenis jamur tertentu seperti Candida albicans.

Jamur ini adalah penyebab infeksi paling umum. Biasanya Candida albicans dapat menyebabkan penyakit kandidiasis atau infeksi jamur yang tidak terkendali.

Selain itu, para ilmuwan di Taiwan juga menemukan bahwa tanaman bunga lawang memiliki empat senyawa antimikroba yang menangani secara efektif 70 strain bakteri yang kebal obat.

3. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Bunga lawang mengandung minyak esensial linula dan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa alami yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh mempercepat proses penuaan tubuh. Akibatnya,kamu berisiko terkena penyakit seperti jantung dan kanker yang terjadi sebelum penuaan kulit dini. Studi yang dipublikasikan di Journal chemical biologi Interaction, menunjukkan bahwa bunga lawing ini bisa mengurangi perkembangan sel kanker.

4. Atasi Flu dan Batuk

Manfaat bunga lawang juga dapat mengatasi flu sekaligus batuk. Hal ini dikarenakan bunga lawang memiliki kandungan asam shioiath yang tinggi. Berdasarkan Journal of Medical Virology, kombinasi asam shikimatic dan antioxidant vertcetine dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan demikian, tubuh mampu melindungi dirinya sepenuhnya dengan serangan penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus. Selain itu, mengonsumsi secangkir teh ekstrak lawang tiga hari membantu menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan.

Star Anise (Illicium Verum). It contains a powerful ingredient that is used in Flu vaccines. It is also native to Vietnam and China.Manfaat bunga lawang. Foto: Getty Images/iStockphoto/sivarock

5. Mengatasi Gangguan Tidur

Dikutip dari Mercola, manfaat bunga Lawang juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan tidur. Pasalnya, pengobatan tradisional mempertimbangkan fakta bahwa bunga lawang memiliki khasiat obat penenang yang lembut yang membantu menenangkan saraf.

Jika gangguan tidur kamu dapat diatasi maka kualitas kesehatan fisik dan mental juga akan meningkat. Selain itu minyak esensial lawang dapat mengobati jenis infeksi virus lain, termasuk herpes simpleks tipe 1.

6. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Sirkulasi yang diendapkan bunga lawang juga merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Zat besi juga mampu meningkatkan tingkat energi dengan meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi dalam tubuh.

7. Mengatasi Kembung

Manfaat bunga lawang bisa mengatasi kembung dan masalah pencernaan lainnya. Meteorisme, gas, dan rasa kenyang adalah gejala pencernaan yang buruk. Dalam pengobatan tradisional di Tiongkok, Turki dan Persia, bunga lawang digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Tanaman ini mengurangi kram perut akibat gas.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pesona Jihane Almira yang Masuk Nominasi Wanita Tercantik di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]